Himmatisi FTIK USM, saat memberikan pelatihan pemrograman dengan PHP Native, pada siswa SMK Walisongo Semarang, di laboratorium setempat. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (Himmatisi), Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM), baru-baru ini memberikan pelatihan pemograman dengan PHP Native, kepada siswa SMK Walisongo Semarang, di laboratorium setempat secara luring, baru-baru ini.

Kegiatan yang diikuti 30 siswa jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi ini, menghadirkan narasumber dosen FTIK USM, Dr April Firman Daru SKom MKom. Ketua Pelaksana, Ikka Ayu mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dasar pemrograman PHP Native kepada siswa SMK.

Dia berharap, melalui kegiatan ini mereka memiliki keterampilan digital yang memadai, dan mampu mengembangkan aplikasi web sederhana, serta siap bersaing di dunia kerja. ”Saya berharap, melalui kegiatan ini seluruh peserta mendapatkan tambahan ilmu tentang pemograman dengan PHP Native,” ujarnya.

BACA JUGA: 8 Atlet Kota Magelang Perkuat Kontingen Jateng Berlaga di PON XXI/2024 Aceh – Sumatra Utara

Sementara itu, Kepala SMK Walisongo Semarang, Aria Hendrawan ST MKom, mengapresiasi pelatihan yang diberikan mahasiswa USM itu. Dia senang, para siswanya mendapatkan tambahan ilmu di bidang teknologi.

”Kami mengapresiasi kegiatan ini, karena sangat bermanfaat bagi para siswa. Mereka tidak hanya mendapatkan teori materi, tapi juga bisa praktik langsung bersama pakarnya,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga mendapat respons positif dari para peserta. Hal itu terlihat dari antusiasme peserta dalam bertanya kepada narasumber.

Sedangkan Dr April Firman berharap, pelatihan ini dapat memberikan manfaat besar bagi para siswa SMK Walisongo, dalam mengembangkan keterampilan pemograman, sebagai bekal penting untuk karier mereka ke depan.

Riyan