Dua Siswa SMA Kristen Satya Wacana berhasil raih gelar duta wisata Kota Salatiga 2024. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Siswa-siswi SMA Kristen Satya Wacana Bunga Nurlaela Rahmadani dan William Philips Effendy kembali meraih kemenangan gemilang dengan menyisihkan puluhan finalis dalam ajang pemilihan “Mas dan Mbak Duta Wisata Kota Salatiga 2024”, belum lama ini.

Setelah melewati serangkaian seleksi ketat, siswi kelas XII Bunga Nurlaela Rahmadani berhasil dinobatkan menjadi Mbak Kota Salatiga 2024. Sedangkan, William Philips Effendy berhasil dinobatkan menjadi Mas Kota Salatiga Berbakat 2024.

Dengan penuh semangat siswi yang akrab disapa Bunga ini menceritakan kisahnya saat mengikuti ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Salatiga tersebut. Ia mengungkapkan, tahapan seleksi dalam kompetisi ini yaitu seleksi administrasi, seleksi tinggi dan berat badan, wawancara, serta seleksi catwalk.

“Kunci penting yang selalu saya pegang adalah percaya kepada potensi diri dan menerapkan prinsip do the best and let God to the rest,” ungkap Bunga asal Salatiga ini.

Menurutnya, kompetisi ini menjadi salah satu wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan setiap potensi diri dan membangun banyak relasi dengan orang lain. Di samping itu pihak sekolah juga mendukung penuh dengan memberikan bimbingan intensif seperti mengajarkan public speaking dan catwalk.

Pemilik hobi menari balet ini mengungkapkan target ke depannya, yaitu mempromosikan dan memperkenalkan seniman di Kota Salatiga dengan karya yang luar biasa kepada masyarakat. “Selain itu, saya akan aktif mengikuti setiap acara yang digelar oleh pemerintah dan mempromosikan potensi Kota Salatiga,” tutur Bunga yang pernah meraih juara 2 pada lomba Basket Putri tingkat Jawa Tengah ini.

Menyandang gelar Mbak Kota Salatiga 2024 membawa Bunga mendapatkan pengalaman baru yang penuh makna. Dalam beberapa acara Kota Salatiga, Bunga juga menjadi penerima tamu pada kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke- 1274 Kota Salatiga. Dan dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Bunga mendapatkan mandat membawa Prasasti Plumpungan dan kirab.

Mengharumkan nama sekolah

Tak kalah menarik, William juga menceritakan bahwa dirinya merasa bangga bisa dinobatkan sebagai Mas Kota Salatiga Berbakat 2024. “Bagi saya lomba ini merupakan kompetisi yang baik untuk mengembangkan diri terutama dalam hal kepercayaan diri, public speaking, dan personal branding,” ungkapnya.

Siswa kelahiran tahun 2007 ini juga mengungkapkan ketertarikannya dengan ekonomi kreatif di Kota Salatiga menjadi salah satu pendorong untuk mengikuti lomba ini.

Saat disinggung mengenai target ke depan, William menuturkan, dirinya akan mempromosikan, meningkatkan, dan mengembangkan sektor pariwisata serta ekonomi Kota Salatiga. “Saya juga berkomitmen untuk mengibarkan dan menerbangkan nama sekolah saya dengan berbagai raihan prestasi,” beber William yang juga pernah meraih juara 2 pada Lomba Entrepreneur Competition di SMA Kristen Surabaya.

Siswa asal Jakarta ini mengatakan, persiapan untuk mengikuti kompetisi ini adalah selama dua bulan seperti latihan catwalk, public speaking, dan belajar sejarah Kota Salatiga.

Torehan prestasi membanggakan ini mendapatkan apresiasi positif dari Kepala Sekolah SMA Kristen Satya Wacana Jumadi, S.Pd., M.Si. Ia menyampaikan bahwa prestasi ini bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan panjang menuju masa depan yang gemilang. “Ini merupakan bukti kerja keras, kedisiplinan, dan semangat pantang menyerah yang dimiliki oleh para siswa,” ungkapnya.

Raihan prestasi ini menunjukkan komitmen UKSW untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4 pendidikan berkualitas dan ke-17 kemitraan untuk mencapai tujuan.

Ning S