Rektor UKSW, Prof. Intiyas Utami kukuhkan 72 Paskibraka. Foto: UKSW

Ditegaskan, tugas para anggota Paskibraka tidak hanya berhenti saat upacara saja, melainkan juga menjadi kader yang akan memimpin negeri nusantara baru Indonesia Maju. Ia berpesan agar para Paskibraka yang akan mengibarkan bendera Merah Putih menjadi pribadi yang unggul, tangguh, ulet, dan tidak mudah menyerah. “Ini adalah saksi janji kalian untuk terus menjadi pandu negeri dan menjadi kebanggaan UKSW,” tuturnya.

Rektor Intiyas juga menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada para Paskibraka. “Dengan penuh ucapan syukur besok kalian akan mengibarkan Sang Saka Merah Putih yang sudah kita jahit bersama-sama yakni bendera Merah Putih Satya Wacana,” terangnya.

Bangga

Sementara itu, pelatih Paskibraka SMA Kristen Satya Wacana Berton Supriadi Simamora, M.Pd., mengungkapkan bahwa masa pelatihan memakan waktu selama 18 hari. Ia menceritakan bahwa bukan hal yang mudah bagi para siswa untuk latihan setiap hari di tengah kepadatan kegiatan sekolah. “Saya bangga dan terharu proses yang mereka lalui menghasilkan buah karena mereka resmi dikukuhkan oleh Rektor UKSW,” ungkapnya.

Selain itu, Berton Supriadi Simamora menyampaikan bahwa pimpinan UKSW sangat mendukung, merespon positif, dan menghargai jerih payah dari seluruh bagian yang terlibat.

Dalam upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di UKSW, tugas pengibar bendera dipercayakan kepada tiga anggota Paskibraka terbaik. Mereka adalah siswa kelas X yakni Otniel Prabhandanu Adiwijaya, Hofni Christian Lionel Reba, dan Weklif Ishak Wayeni. Kemudian, tugas pembawa Baki Bendera Merah Putih pada saat upacara pengibaran diemban oleh siswa kelas XI Kirana Gracella Meranga, sedangkan tugas pembawa Baki Bendera Merah Putih pada saat upacara penurunan diemban oleh siswa kelas X Gissele Amelia Putri.

“Saya bangga bisa menjadi bagian dari Paskibraka SMA Kristen Satya Wacana khususnya tugas dalam pengibaran dan penurunan bendera. Dengan mengikuti kegiatan ini juga meningkatkan jiwa nasionalisme saya,” beber Weklif Ishak Wayeni dengan posisi pengibar bendera utama.

Senada dengan Weklif Ishak Wayeni, Kirana Gracella Meranga mengaku bangga dan bersyukur karena bisa terpilih menjadi pembawa baki bendera. Kirana Gracella menerangkan bahwa Paskibraka SMA Kristen Satya Wacana siap melaksanakan tugas mulia untuk bangsa.

Ning S