Dalam rangka menyambut Hari Jadi Polwan Ke-76, Tim Medis dari Dokkes Polres Wonogiri menggelar Bakti Sosial (Baksos) pelayanan pemeriksaan dan pengobatan gratis di SLB Giri Wiyata Dharma, Pendil, Wuryorejo, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) –  Dalam rangka menyambut hari jadi Polisi Wanita (Polwan) yang Ke-76 Tahun 2024, Polres Wonogiri melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) kesehatan. Yakni memberikan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Giri Wiyata Dharma, Pencil, Wuryorejo, Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, Baksos kesehatan tersebut dilaksanakan Senin (19/8/24). Dalam hal ini, Polres Wonogiri menurukan Tim Medis dari Dokkes, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, pemberian vitamin dan pengobatan.

Ini menjadi wujud kepedulian Polwan Polres Wonogiri kepada masyarakat, khususnya para penyandang disabilitas yang ada di SLB Giri Wiyata Dharma. Yakni kepada sebanyak 56 siswa yang ada di sekolah tersebut.

Sejarah Polwan di Indonesia diawali adanya kesulitan pada pemeriksaan korban, tersangka atau saksi wanita, terutama pemeriksaan pisik untuk menangani kasus. Hal tersebut mengakibatkan polisi sering kali meminta bantuan para istri polisi dan pegawai sipil wanita, untuk melaksanakan tugas pemeriksaan fisik.

Bukit Tinggi

Organisasi wanita dan organisasi wanita Islam di Bukit Tinggi, Sumbar, kemudian berinisiatif mengajukan usulan kepada pemerintah, agar wanita diikutsertakan dalam pendidikan kepolisian guna menangani masalah tersebut.

Cabang Djawatan Kepolisian Negara untuk Sumatera yang berkedudukan di Bukittinggi, memberikan kesempatan mendidik wanita-wanita pilihan untuk menjadi polisi.

Maka pada Tanggal 1 September 1948 secara resmi disertakan 6 (enam) siswa wanita terdiri atas Mariana Saanin, Nelly Pauna, Rosmalina Loekman, Dahniar Sukotjo, Djasmainar, Rosnalia Taher mulai mengikuti pendidikan inspektur polisi bersama dengan 44 (empat puluh empat) siswa laki-laki di SPN Bukittinggi.

Sejak saat itu, Tanggal 1 September diperingati sebagai hari lahirnya polisi wanita (Polwan).(Bambang Pur)