Foto bersama punggawa tim CBS Jr - dok ft Dp

Semarang ( SUARABARU.ID ) – Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, CBS Jr (Ciblek Brotherhood Semarang) menggelar acara lomba burung berkicau di gantangan burung Lamper Tengah pada hari Sabtu, 17 Agustus 2024, dengan tema “Spesial Kemerdekaan Adu Kualitas dan Final Golden Ticket”, lomba burung berkicau ini sukses menarik antusiasme besar dari para kicau mania di seluruh Semarang dan sekitarnya. Berbagai kelas yang diagendakan terisi hampir penuh, bahkan kelas Cucak Ijo mencatatkan jumlah peserta maksimal dengan 72 gantangan terisi penuh.

Suasana lomba kelas burung Cucak ijo full peserta 72G

Gelaran ini merupakan bagian dari rangkaian program CBS Jr Golden Ticket, di mana para finalis Golden Ticket merupakan peserta yang telah berkompetisi dalam latihan rutin setiap Sabtu selama enam pekan terakhir, dalam latihan rutinnya, juara satu dan runner-up untuk kelas Murai Batu dan Cucak Ijo berhak mendapatkan tiket untuk maju ke babak final Golden Ticket yang diadakan bertepatan dengan HUT RI ini.
Selain final Golden Ticket, daya tarik lainnya adalah dibukanya kelas gratis untuk burung Lovebird, baik dewasa maupun paud. Seluruh tim CBS Jr turut memeriahkan suasana dengan mengenakan pakaian batik dan pita merah putih sebagai penghormatan terhadap HUT RI.

Seluruh tim CBS Jr turut memeriahkan suasana dengan mengenakan pakaian batik dan pita merah putih sebagai penghormatan terhadap HUT RI.

Machrus Wafa, Ketua CBS Jr Lamper Tengah, mengungkapkan bahwa gelaran ini merupakan program yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. “Tujuan kami, CBS Jr, adalah untuk semakin mempererat silaturahmi antar kicau mania, baik dari akar rumput hingga pemain papan atas. Program Golden Ticket ini dibuat untuk memberi semangat kepada teman-teman kicau mania agar semakin meningkatkan kualitas burung di kota Semarang tercinta ini,” ujarnya. Dia juga menambahkan bahwa sementara ini program Golden Ticket hanya berlaku untuk kelas Murai Batu dan Cucak Ijo, namun ke depan, kelas Kacer juga direncanakan akan dimasukkan dalam program ini.

Dari kiri Machrus Wafa, Mimi Yeni dan Maspion

Sebelum acara dimulai, seluruh tim panitia, juri, dan peserta yang hadir menyanyikan bersama lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan “Hari Merdeka” yang dipandu oleh MC Mimi Yeni. Lomba dimulai tepat pukul 12.00 WIB, setelah adzan Dzuhur berkumandang. Lomba berlangsung sangat ketat, terutama di kelas burung ocehan seperti Murai Batu, Cucak Ijo, Kacer, dan Murai Muda.
Kelas Kacer menjadi salah satu kelas yang menarik, dengan prestasi gemilang dari Komisaris, burung milik Mr. Supri dari Sendangguwo, yang berhasil meraih double winner dengan menjuarai dua kelas sekaligus. Mr. Supri mengungkapkan bahwa Komisaris memang selama ini sebagai burung Kacer yang terbilang stabil dengan segudang prestasi, dan jarang sekali luput dari posisi tiga besar di setiap lomba yang diikutinya.

Kacer Komisaris raih double winner

Di kelas Cucak Ijo, Sakau, burung milik Bolang dari Putra Tunggal, berhasil merebut juara satu di kelas utama Golden Ticket dengan gaya khas Jamtrok dan variasi irama lagu yang mengesankan serta volume yang keras.

Cucak ijo Sakau peraih juara Golden Ticket

Sementara itu, di kelas Murai Batu, Shaka, burung milik Riena Pratama dari Best BC Semarang, dinobatkan sebagai yang terbaik di final Golden Ticket setelah sebelumnya juga menjuarai kelas Murai Batu Lamper Tengah.
Di kelas Murai Batu WF, Anak Jalanan, burung milik Mr. Kardono dari tim Pandawa, berhasil meraih juara satu.

Murai batu Anak Jalanan buktikan prestasi di CBS Jr

Sementara di kelas Lovebird, persaingan sangat ketat dan tidak ada burung yang mendominasi, dengan juara yang bergantian.

Secara keseluruhan, lomba berjalan dengan lancar dan kondusif. Di akhir acara, Machrus Wafa mengucapkan banyak terima kasih dan meminta maaf jika masih terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan. Dia juga membuka pintu bagi kritik dan saran demi kemajuan bersama kicau mania, khususnya di kota Semarang.

Berikut data juaranya :

( Dwi_Prie )