Penanaman mangrove di Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu 17 Agustus 2024. Foto: Sutrisno

BREBES (SUARABARU.ID) – Untuk menjaga kelestarian lingkungan, Square Resources Holdings Singapore Pte Ltd menggandeng Indonesia Indah Foundation (IIF), untuk memperkuat pesisir Pandansari, Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah menanam bibit mangrove, Sabtu (17/8/2024).

Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen tiga tahun untuk menanam 150.000 bibit mangrove di Desa Kaliwlingi, yang merupakan kawasan wisata Dewi Mangrovesari, Pandansari Brebes.

Penanaman bibit mangrove ini guna menjaga kelestarian pesisir dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait keberlanjutan dan ekowisata.

Pesisir Pandansari, Desa Kaliwlingi, selama ini terus berjuang melawan abrasi pantai (1963-2009) dan erosi. Sebagai salah satu wilayah yang mengalami abrasi parah di Kabupaten Brebes, abrasi di Pandansari hingga saat ini sudah mencapai titik ekstrem, yakni seluas 800 hektare lahan produktif yang terkikis habis oleh air laut.

Penanaman atau penghijauan kembali pohon mangrove di sepanjang pesisir pantai merupakan salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan. Abrasi tersebut berdampak langsung pada warga Kaliwlingi yang menyaksikan naiknya permukaan air laut dan hilangnya lahan produksi akuakultur.

Selama tiga tahun, tujuan program penanaman mangrove yang dijalankan Indonesia Indah Foundation bersama penanam lokal Kelompok Masyarakat Pelestari Hutan Pesisir (KMPHP) Mangrovesari adalah untuk secara perlahan namun pasti melengkapi desa-desa pesisir dengan habitat dan ekosistem laut yang sebelumnya tumbuh subur di wilayah ini.

Kawasan wisata Dewi Mangrovesari Pandansari, Kaliwlingi Brebes kini menghijau oleh hutan mangrove. Foto: R. Widiyartono

Tahun lalu, melalui program edukasi “Saya Pahlawan Lingkungan” dari Indonesia Indah Foundation, anak-anak sekolah setempat dan guru-guru lokal di sekolah-sekolah nasional di daerah tersebut juga diberikan edukasi tentang keberlanjutan lingkungan.

Pelatihan Pemandu Eduwisata

Penduduk desa setempat juga dilatih sebagai pemandu ekowisata, dalam upaya memberdayakan mereka untuk melindungi garis pantai dan hutan yang baru ditanam selama beberapa dekade mendatang.

Square Resources Holdings Singapore Pte Ltd telah mendukung kegiatan yang diselenggarakan Indonesia Indah Foundation sejak 2019 melalui inisiatif Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR). Sebelum menjadi Mitra Yayasan (Foundation Partner) resmi pada tahun 2020, perusahaan telah mendukung sejak pelaksanaan Hari Bersih Indonesia (HBI).

Hari Bersih Indonesia yang diselenggarakan oleh Indonesia Indah Foundation setiap tahun merupakan aksi bersih-bersih berskala nasional tahunan untuk mengangkat isu sampah dan limbah plastik di Indonesia.

Tahun lalu, Square Resources Holdings Singapore Pte Ltd memulai tahap pertama dari rencana penanaman 150.000 bibit mangrove, yang dilakukan di bawah program Indonesia Indah Foundation yang bernama A Tree for Life. Pada Tahun 2022, perusahaan juga berpartisipasi dalam penanaman 10.000 bibit mangrove di Pandansari, Desa Kaliwlingi, Brebes.

Saat ini, perusahaan telah menyumbangkan 110.000 pohon mangrove di wilayah ini, dengan target menanam 160.000 pohon pada Tahun 2025 mendatang.

Angela Jelita Richardson, Co-Founder Indonesia Indah Foundation menyampaikan antusiasmenya tentang kemitraan ini.

“Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan Square Resources untuk mendukung masyarakat dan lingkungan di Kabupaten Brebes, yang sejalan dengan tujuan kami untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi Indonesia. Tujuan kami adalah menciptakan dampak positif yang akan memberikan dampak berkelanjutan bagi generasi mendatang,” kata Angela.

Sutrisno