Para kiai dewan syuro PKB se-Jateng menggelar forum halaqoh di Ponpes Al Itqon Bugen, Jumat malam 16 Agustus 2024.foto: Dook DPW PKB Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Menjelang Muktamar PKB di Bali, Kiai-kiai Dewan Syuro PKB se-Jawa Tengah Berkumpul dalam forum Halaqoh, di Ponpes Al Itqon Bugen Semarang, Jumat malam 16 Agustus 2024.

Para kiai tersebut membahas Muktamar PKB dari mulai sosialisasi pelaksanaan, rancangan rekomendasi program politik PKB, dan memberikan catatan keberhasilan PKB di bawah kepemimpinan Gus Muhaimin Iskandar dalam Pemilu 2024.

Hadir dalam forum itu, Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB KH Syaifullah Ma’sum beserta KH Syihabudin Ahmad, Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH M Yusuf dan Sekretaris H Sukirman SH MS. Jajaran Dewan Syuro DPW, KH Alamudin Dimyati Rois, KH Badawi Basyir, KH Nur Hidayatullah, KH Sholahudin, Habib Sholeh Al Athos, dan KH Musyafa’ Zein

Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB KH Syaifullah Ma’sum menyatakan dorongan memilih kembali Gus Muhaimin sebagai Ketum PKB adalah langkah tepat di tengah situasi politik saat ini.

“Kalau kita salah memilih Ketua Umum PKB, PKB akan terjun bebas ke jurang dan tidak akan lagi bisa menjadi alat perjuangan warga NU,” paparnya.

Kiai Saefullah Ma’sum kemudian mempersilakan forum Halaqoh menyepakati atau mengusulkan siapa figur kiai yang akan diberi kepercayaan sebagai Ketua Dewan Syuro DPP PKB.

“Silakan Jawa Tengah akan mengusulkan siapa. Di berbagai daerah sudah muncul nama Kai Said Aqil Siradj, Kai Ma’ruf Amin. Mungkin bisa juga Jateng mengusulkan Mbah Munif Zuhri,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Gus Yusuf. Dewan Syuro adalah figur yang mengayomi, bisa memberikan kesejukan dan nasihat-nasihat kepada pengurus.

Teladan yang diberikan Ketua Dewan Syuro PKB yang telah mendahului seperti Gus Dur, KH Azis Mansyur,dan KH Dimyati Rois sangat bermanfaat bagi para kader.

“PKB selalu menjaga tradisi dan kultur kyai-kyai, maka tidak pernah kekurangan Kyai.Misalnya berkembang juga KH Marzuki Mustamar, lalu KH Kafabihi Mahrus untuk diusulkan sebagai Ketua Dewan Syuro. Kalau Jateng kita usul Mbah Munif Zuhri,setuju,” tegas Gus Yusuf, yang disambut seruan setuju dari peserta.

Para peserta Halaqoh kemudian mendorong agar forum segera diputuskan untuk dibawa ke forum Muktamar.

“Udah malam ini, semua sudah jelas segera diputuskan saja,” seru beberapa peserta.

Moderator Halaqah KH Nur Hidayatullah dan KH Badawi Basyir kemudian berembuk.

“Atas seizin para kiai, mari kita putuskan. Pertama menjaga pelaksanaan muktamar yang sejuk dan kondusif, kedua memilih kembali Gus Muhaimin untuk ditetapkan sebagai Ketua Dewan Tanfidz. Setuju,” tegas KH Nur Hidayatullah.

Kyai Nur kemudian membacakan calon Ketua Dewan Syuro yang bakal diusulkan untuk dipilih dalam Muktamar, yaitu: KH Ma’ruf Amin, KH Said Agil Siradj, KH Kafabihi Mahrus, KH Marzuki Mustamar, dan KH Munif Muhammad Zuhri.

“Dana Abadi Pesantren Juga akan kita masukkan dalam pembahasan Muktamar,” pungkasnya.

Hery Priyono