Hendrar Prihadi, Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo berfoto bersama jelang pilpres pada pertengahan Februari 2024. Foto : istimewa

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Nama mantan Panglima TNI Andika Perkasa yang dikabarkan menguat untuk pemilihan gubernur Jateng masih dalam taraf tes ombak.

Selain Andika Perkasa, PDI Perjuangan juga menyebutkan nama-nama potensial yang akan diusung dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2020. Salah satunya adalah mantan Wali Kota Semarang Hendrar Perihadi.

Hendi sapaan Hendrar Prihadi saat ini menjabat Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia. Sedangkan untuk Andika Perkasa sempat dikabarkan menguat disebutkan masih dalam tahap cek ombak.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengungkapkan munculnya spanduk dan baliho sejumlah kader Banteng di Jawa Tengah saat ini merupakan bagian dari sosialisasi sosok yang potensial diusung dalam Pilgub Jateng 2024.

Dia pun mengaku, selain Andika Perkasa, PDI Perjuangan punya nama lain yang juga siap untuk dicalonkan.

“Masih ada case test, misalnya ada baliho ‘Banteng Perkasa’. Nah itu kan merupakan tes ombak. Karena ini bagian dari demokrasi yang secara langsung memang calon selain menunjukkan kepemimpinannya juga melakukan sosialisasi. Ada Pak Hendi,” ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat dijumpai di DPP PDIP Menteng, Kamis 15 Agustus 2024 .

Sementara itu, Hendi dan Andika Perkasa sendiri telah menyatakan sikapnya untuk siap menjalankan apapun perintah partai PDI Perjuangan dalam menyongsong pilkada serentak 2024.

Baik Hendi maupun Andika pun saat ini mengaku masih menunggu keputusan rekomendasi PDI Perjuangan terkait Pilgub Jateng 2024.

“Pokoknya kita kan menunggu. Menunggu penugasan, pokoknya ditugaskan di mana saya siap. Karena itu adalah penugasan dan semua penugasan harus kita laksanakan sebagai kader,” lanjut mantan Panglima TNI itu di Istana Kepresidenan, Rabu 14 Agustus 2024.

Di sisi lain, Hendi menampik spekulasi dirinya akan kembali bertarung di Pilwalkot Semarang pasca munculnya nama Andika Perkasa. Dirinya menyebut saat ini terus berikhtiar untuk Pilgub Jateng 2024.

“Ya kan saya bilang, secara pribadi pasti saya tidak (kembali bertarung di Pilwalkot Semarang),” tegasnya saat ditemui usai menghadiri kegiatan pelantikan Anggota DPRD Kota Semarang, Rabu 14 Agustus 2024.

Hery Priyono