Wali Kota Muchamad Nur Aziz menjadi irup pada upacara peringatan HUT Ke 79 Kemerdekaan RI yang digelar di Lapangan Pancasila, Akademi Militer Magelang, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kali pertama upacara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI tingkat Kota Magelang dilaksanakan di Lapangan Pancasila, Akademi Militer (Akmil) Magelang, Sabtu (17/8).

Pengibaran Sang Saka Merah Putih sukses dilakukan oleh Paskibraka Kota Magelang Tahun 2024.

Upacara diikuti seluruh pejabat Forkopimda Kota Magelang, pejabat di lingkungan Pemkot Magelang dan Akmil Magelang, perwakilan instansi/lembaga daerah, TNI, Polri, pelajar dan masyarakat Kota Magelang.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz bertindak sebagai inspektur upacara. Dokter Aziz menyematkan tanda kehormatan Presiden RI ‘Satyalancana Karya Satya’ kepada 82 PNS yang telah bekerja dengan baik, jujur, cakap, serta nyata mengabdi kepada bangsa dan negara, dengan masa kerja paling singkat 10, 20 dan 30 tahun.

“Semoga penghargaan tersebut dapat menambah semangat pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat, serta menjadi inspirasi bagi kita semua, baik ASN maupun masyarakat pada umumnya,” katanya.

Selain itu, secara simbolis Dokter Aziz juga menyerahkan surat remisi atau pengurangan masa hukuman dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia kepada narapidana yang memenuhi syarat perundang-undangan.

“Tahun ini ada 416 orang narapidana di Lapas Kelas 2A Magelang yang menerima remisi tersebut. Gunakan sebaik-baiknya untuk menata diri dan kembali ke lingkungan masyarakat,” pesan Dokter Aziz.

Selanjutnya, dokter spesialis penyakit dalam itu membacakan amanat tertulis Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. Dalam amanatnya Nana menyatakan, pembangunan Provinsi Jawa Tengah berjalan lancar dan banyak capaian yang berhasil diraih. Termasuk perekonomian yang tumbuh dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, pihaknya mengajak masyarakat menyukseskan Pilkada serentak yaang akan dihelat pada 27 November 2024.

Upacara ditutup dengan penampilan atraktif Drumband Genderang Suling Canka Lokananta Taruna Akmil.

Usai upacara, Dokter Aziz beserta jajarannya mengikuti live streaming upacara Detik-detik Proklamasi di Pendapa Pengabdian. Detik-detik proklamasi yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo itu disiarkan langsung dari Ibu Kota Nusantara (IKN).

Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI tingkat Kota Magelang diawali dengan tasyakuran, doa bersama lintas agama di Alun-alun Kota Magelang dan malam tirakatan tingkat kampung/kelurahan di Kota Magelang. Termasuk, Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Giri Dharma Laya Magelang, aubade dan Penurunan Bendera Merah Putih di Akmil, dan ditutup dengan Resepsi di Bakorwil. (prokompimkotamgl)