Kandidat bakal calon Wali Kota Semarang, Yoyok Sukawi. foto: dok.pribadi

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Peluang Politisi Partai Demokrat, AS Sukawijaya atau Yoyok Sukawi untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Semarang sangat besar.

Hal itu diungkapkan oleh Pengamat Politik dari Universitas Diponegoro (UNDIP), Yoga Putra Prameswari saat dimintai pendapatnya pada Kamis 15 Agustus 2024.

“Peluang Mas Yoyok besar juga. Dari informasi yang saya peroleh, PKS akan bergabung ke Mas Yoyok. Komunikasi politik sudah berjalan dengan baik. Pun sudah pada tahap pembicaraan mengenai calon wakil wali kota yang mungkin akan dipasangkan dengan Mas Yoyok. Termasuk juga PKB,” ujarnya.

Namun demikian, Yoga menyebut sosok yang layak mendampingi Yoyok Sukawi tentu tidak sekadar kader partai biasa. “Tidak hanya yang kuat secara internal partai, pun popularitas dan elektabilitasnya. Itu yang dibutuhkan,” jelasnnya.

Yoga menyebut keputusan calon wakil wali Kota Semarang yang mendampingi Yoyok Sukawi tergantung dari lobi-lobi dan komunikasi politik yang dibangun nanti.

Selain itu, Yoga menyebut peluang Partai Gerindra untuk bergabung dengan Koalisi Semarang Maju (KSM) juga masih terbuka.

“Partai Gerindra menjadi partai yang layak untuk diajak bergabung. Mengapa? Sependek pengetahuan saya, Partai Gerindra belum mempunyai tokoh/kader yang akan diajukan sebagai Cawali/Cawawali. Padahal, suara Gerindra cukup potensial, yakni 7 kursi,” ujarnya.

Seperti diketahui, terdapat beberapa nama yang selalu dikaitkan dengan Yoyok Sukawi untuk maju di Pilwakot Semarang.

Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) misalnya, ada nama Direktur Utama PDAM Indramayu, Ady Setiawan atau sering dipanggil Mas Wawan.

Selain itu, ada Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Agung Budi Margono dan kader muda PKS, Hilmi Yassar.

Sebelumnya Ketua DPC Partai Demokrat Kota Semarang, Wahyoe ‘Liluk’ Winarto mengatakan, KSM tengah menggodok enam nama bakal calon wakil wali kota pendamping Yoyok Sukawi.

Keenam nama tersebut yaitu, tiga kader PKB Ady Setiawan, Juan Rama, dan Tazkiyatul Muthmainnah. Dua kader PKS Hilmy Yassar dan Agung Budi Margono. Satu nama lagi adalah influencer yang juga kader PAN Lutfi Agizal.

Akhir-akhir ini, juga muncul ketua DPC Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso yang juga banyak dijagokan untuk mendampingi Yoyok Sukawi di Pilwakot Semarang 2024.

Hery Priyono