Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah tengah mempersiapkan Musykerwil. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah masa khidmat 2024-2029 yang beberapa waktu lalu baru dilantik akan menyelenggarakan Musyawarah Kerja Wilayah (Musykerwil) I pada Sabtu (24/8/2024) mendatang.

Ketua Steering Commite (SC) Musykerwil I PWNU Jateng, KH Muhammad Muzamil mengatakan, Musykerwil I akan dilaksanakan di kampus II Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Jalan Raya Gunungpati KM 15 Nongkosawit Gunungpati Kota Semarang.

“Selain Musykerwil, PWNU Jateng juga akan melantik pengurus 18 lembaga yang menjadi perangkat pengurus dalam menjalankan program-program organisasi,” kata kiai Muzamil usai mengikuti rapat persiapan Musykerwil I dan Pelantikan pengurus lembaga-lembaga PWNU Jateng di sekretariat PWNU Jateng, Jalan Dr. Cipto 180 Semarang, Rabu (14/8/2024).

Menurutnya, agenda musykerwil I akan diikuti seluruh pengurus PWNU Jateng, ketua dan sekretaris badan otonom, ketua dan sekretaris lembaga-lembaga di bawah PWNU Jateng dan utusan dari 36 PCNU se-Jateng.

Dikatakan, utusan dari PCNU meliputi ketua dan katib Syuriyah, ketua dan sekretaris tanfidziyah dan ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) dan ketua Lembaga Bahtsul Masail (LBM) NU cabang.

Dia menambahkan, pembahasan materi Musykerwil dibagi dalam lima komisi, meliputi komisi Bahtsul Masail Waqi’iyah, Bahtsul Masail Tata Kelola Bahtsul Masail, Program Kerja, Rekomendasi dan Organisasi.

Sebelum mengikuti agenda sidang komisi, ujarnya, Musyawirin akan mendapat pengarahan dari ketua tanfidziyah, KH Abdul Ghaffar Rozin, Rais Syuriyah KH Ubaidullah Shodaqoh dan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Ketua panitia Musykerwil, KH Drs Mufid Rahmat, MM mengatakan, sebelum dimulai Musykerwil akan dilaksanakan pelantikan pengurus lembaga-lembaga PWNU Jateng. Prosesi pembaiatan pengurus lembaga akan dipimpin rais PWNU Jateng KH Ubaidullah Shodaqoh.

“Setelah dibaiat, pengurus lembaga akan mendapat pengarahan dari ketua dan rais PWNU Jateng. Prosesi pelantikan dilaksanakan di lapangan Panjat Tebing Unwahas, sedangkan rangkaian agenda Musykerwil dilaksanakan di aula Fakultas Famasi Unwahas,” tuturnya.

Ning S