Kebakaran melumat kayu mebel dan peralatan di Dukuh Karangrejo, Desa Karangjati, Kalijambe, Sragen, Kamis (15/08/2024) menyebabkan  kerugian Rp 5 Miliar lebih.Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID)– Kebakaran hebat terjadi di industri mebel UD Ronggo Jati berlokasi di Dukuh Karangrejo RT 07, Desa Karangjati, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Kamis, (15/8/2024) Pukul 00.30.

Kebakaran tersebut mengakibatkan kerugian material diperkirakan mencapai Rp 5 miliar. “Kobaran api membumbung tinggi, membakar kayu yang ada,” tutur saksi Lupita.

Kapolsek Kalijambe AKP Mulyono  mewakili Kapolres Sragen AKBP Petrus Parmingotan Silalahi mengatakan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

Kapolsek Kalijambe menerima laporan musibah kebakaran kali pertama diketahui oleh  saksi Tumpi (53) dan  Lupita (26 ) yang mendengar suara gemeretak, Kamis Pukul 00.30 dinihari.

“Ketika memeriksa sumber suara, saksi melihat api yang berkobar dari bagian selatan tempat produksi mebel tersebut,” tuturnya. Selanjutnya Lupita melaporkan ke Asanaun Novi, anak pemilik pabrik.  Dengan cepat para pegawai yang tinggal di pabrik, membantu memadamkan. Diantara mereka ada yang menghubungi petugas Polsek  Kalijambe, untuk meminta bantuan pemadam kebakaran (Damkar).

Sejumlah warga sekitar yang melihat kobaran api, berdatangan berusaha membantu  memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tapi mereka tidak mampu memadamkan api.

Tak lama berselang, datang mobil pemadam kebakaran dari Gemolong dan disusul lima unit mobil damkar dari Sragen. Akhirnya kobaran api berhasil dikuasai selang dua jam kemudian

Polisi setempat saat ini masih mendalami penyebab kebakaran, melibatkan Tim Inafis Polres Sragen.

“Tim Kepolisian telah mendatangi tempat kejadian perkara (TKP), mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi, dan mengamankan lokasi untuk penyelidikan lebih lanjut, ” ungkap Kapolsek AKP Mulyono.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian yang ditimbulkan cukup besar.

Pihak Polsek Kalijambe  akan terus melakukan penyelidikan mendalam, guna memastikan penyebab kebakaran tersebut.

Anind