Menag Yaqut bersama istri, usai menerima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama di Istana Negara. Foto: dok/kemenag

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, menyatakan rasa syukur atas diterimanya Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama, dari Presiden Joko Widodo. Tanda Kehormatan itu diserahkan langsung Presiden di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Tanda Kehormatan adalah penghargaan negara yang diberikan Presiden RI, kepada seseorang, kesatuan, institusi pemerintah, atau organisasi, atas darmabakti dan kesetiaan yang luar biasa terhadap bangsa dan negara.

Sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2010, Tanda Kehormatan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu Bintang, Satyalancana, dan Samkaryanugraha. Bintang Mahaputera merupakan Tanda Kehormatan tertinggi, setelah Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia.

BACA JUGA: Sembako Tujuhbelasan untuk Abang Becak dan Kusir Dokar

”Sesuai namanya, Tanda Kehormatan, saya kira penghargaan ini bukan untuk saya pribadi. Tetapi sebuah kehormatan untuk kerukunan Indonesia,” sebut Menag Yaqut, usai menerima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama dari Jokowi, seperti dalam keterangan tertulis.

Atas anugerah ini, Gus Men, panggilan akrabnya, menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Gus Men juga menyampaikan terima kasih kepada ibunda, Nyai Hj Muchsinah Cholil, yang telah merawat dan mendidiknya.

Apresiasi juga Gus Men sampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo. ”Tanda Kehormatan ini tentu tidak terlepas dari kepercayaan Presiden, yang memberikan amanat untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, dengan memimpin Kementerian Agama,” ujarnya.

BACA JUGA: Dinilai Berhasil Kendalikan Inflasi, GNPIP Dihelat di Jateng

Ungkapan terima kasih juga disampaikan kepada para kiai, ulama, habaib, dan tokoh lintas agama. ”Mereka adalah guru dan sahabat, yang terus bersinergi dalam rangka merawat kerukunan umat, dan meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan di Indonesia,” paparnya.

Menag Yaqut juga memberikan rasa hormat kepada seluruh jamaah haji, yang setiap tahun mendoakan untuk kemajuan dan kemakmuran Indonesia, di tempat-tempat mulia dan mustajab.

”Terima kasih dan apresiasi saya sampaikan juga kepada seluruh ASN Kementerian Agama. Tanda Kehormatan ini menjadi bukti dan buah kinerja bersama, dalam menghadirkan kementerian yang melayani semua agama,” tandasnya.

Riyan