Tim gerak jalan Diskominfo saat tampil dalam lomba gerak jalan tujuhbelasan pelajar dan umum. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Dalam rangka memperingati HUT ke-79 RI, Pemkab Kudus menggelar lomba gerak jalan beregu mulai tingkat pelajar hingga umum. Lomba gerak jalan tingkat umum dengan peserta dari karyawan dan organisasi itu digelar pada Rabu (14/8), dengan menempuh jarak sekitar 5 km, mengambil start dan finish di halaman GOR Bung Karno.

Adapun jumlah peserta gerak jalan tingkat umum ini diikuti 152 peserta baik beregu putra maupun putri. Dengan masing – masing grup terdiri dari 11 orang.

Salah satu peserta adalah dari kelompok gerak jalan PP Polri cabang Kudus. Walaupun mereka sudah purna sebagai anggota Polri, namun semangat mereka masih menyala. Meski usia mereka tidak muda lagi dan rata – rata diatas 60 tahun. Tapi semangat juang untuk ikut memeriahkan HUT RI ke 79 tidak kendor.

Ditengah terik matahari yang menyengat kulit, keringat dan peluh membasahi tubuh mereka. Tapi gerak mereka tetap kompak tanpa ada rasa lelah di wajah.

Sesekali melambaikan tangan menyapa orang – orang yang dikenalnya. Begitu sampai finish kegembiraan menyeruak pada wajah mereka, seolah telah sukses melaksanakan tugas dengan sempurna.

Perasaan yang sama saat mereka masih bertugas menjadi anggota Polri. Sukses melaksanakan tugas dari komandan.

“Alhamdulilah mas, telah mencapai finish walau tadi terasa terik sekali kami merasakan sengatan matahari. Walau haus sangat kami rasakan tetapi semangat menyala kami menjadikan semangat untuk mencapai finish,” tutur ketua PP Polri cabang Kudus, Carto Nuryanto yang juga sebagai komandan regu.

Menurut Carto, keikutsertaan PP Polri cabang Kudus dalam gerak jalan ini adalah sebagai bentuk partisipasi. Ikut menyemarakkan HUT RI ke 79 dengan semangat juang yang masih terus menyala dalam dada. Meski sudah purna dan usia yang semakin menua, tapi semangat untuk membela RI tidak pernah padam.

Antusiasme juga disampaikan tim dari Dinas Kominfo Kudus. Woni Diara, komandan regu tim Diskominfo Kudus mengaku senang ikut berpartisipasi memeriahkan HUT RI ke-79 ini.

“Meski capek dan kepanasan, kami tetap semangat guna memeriahkan hari kemerdekaan bangsa kita,”tandasnya.

Ali Bustomi