Lima peserta terbaik bersama narasumber dan pengurus KKMTs 02 Jepara. Foto: Subekhan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Workshop Penguatan IKM Best Practice dalam menjalankan IKM di madrasah telah sukses digelar. Seluruh peserta dipandu narasumber dari pengawas penggerak tahap demi tahap telah melaksanakan tugasnya. Terjadi dialog interaktif antara narasumber dan peserta untuk menemukan solusi ketika antara teori dan realita terjadi deviasi. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti materi Workshop dari narasumber.

Narasumber bersama rombongan belajar 2. Foto: Subekhan

Widodo, salah satu narasumber ketika diminta menyampaikan evaluasi dan kesan pesan menuturkan bahwa peserta Workshop IKM sangat aktif dan antusias dalam mengikuti materi sehingga waktu yang tersedia dimanfaatkan secara efektif oleh peserta. Ia berharap setelah Workshop ini ditindaklanjuti dengan Implementasi di madrasah, melakukan desiminasi dengan guru-guru sehingga pengalaman yang diperoleh selama Workshop dapat ditularkan.

H. Ahmad Nur Rofiq saat sampaikan sambutan. Foto: Subekhan

Hal senada disampaikan oleh Kabid Penjaminan Mutu LP. Maarif yang juga Kabid SMP Disdikpora Kabupaten Jepara, Ahmad Nur Rofiq.

“Workshop IKM ini sangat baik untuk pengembangan SDM guru-guru sehingga perlu ditindaklanjuti dengan tugas mandiri, dilaksanakan, di-desiminasi ke teman-teman guru. Kalau perlu best praktice di masing-masing madrasah di-videokaan dan diunggah di medsos biar bisa menjadi inspirasi yang lain,” tuturnya.

Ketua LP Ma’arif Jepara saat menutup workshop. Foto: Subekhan

Mualimin, Ketua LP Ma’arif NU Jepara saat menutup acara berpesan kepada peserta Workshop Penguatan IKM beberapa hal.” Tujuan mencari ilmu itu dari tidak tahu menjadi tahu, belum paham menjadi paham, setelah mengerti dijalankan dan ditularkan. Jangan merasa cukup, tingkatkan kompetensi, kawal anak-anak bangsa dengan baik, jangan mudah bosan, jangan men- stigma anak bodoh. Semua harus dilayani dengan baik sebagai aset bangsa,”  tutur Mualimin yang juga Ketua KKMTs 02 Jepara.

Ketua PC. Pergunu Jepara, Achmad Makhalli merespon positif atas terselenggaranya Workshop Penguatan IKM Best Practice dalam menjalankan IKM di madrasah yang diselenggarakan oleh KKMTs 02 Jepara karena kegiatan tersebut sebagai salah satu Implementasi kerjasama antara PC Pergunu dengan LP Ma’arif Jepara yang telah terbangun dengan baik selama ini sebagai upaya capacity building pendidik dan kelembagaan madrasah di bawah naungan LP Ma’arif NU Jepara.

Di penghujung acara diumumkan 5 besar peserta terbaik dari 160 peserta yang diumumkan oleh Upik Setyawan, salah satu narasumber. 5 peserta terbaik Workshop Penguatan IKM KKMTs 02 Jepara. Juara 1 Siti Anisa guru Hasyim Asy’ari Bangsri. Juara 2 Devi guru Matholiul Falah Tulakan. Juara 3 Nurul Inayah guru MTs Matholiul Falah Tulakan. Juara 4 Hanik Suliswati guru MTs Safinatul Huda Sowan Kidul, dan Juara 5 Farisa Amelia dari MTs Mada Nusantara Tegalsambi.” paparnya

Hadepe – Sub