Sekretaris DPRD Kebumen Munadi memberi keterangan pers persiapan pelantikan anggota DPRD, Rabu 7/8.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sekretariat DPRD Kebumen menjadwalkan Pelantikan 50 anggota DPRD Periode 2024-2029 pada Selasa, 13 Agustus 2024, di Ruang Paripurna Dewan, Jalan Merdeka 6.

Dari 50 anggota DPRD Kebumen itu, 25 orang atau 50 persen merupakan anggota baru atau wajah baru. Sedangkan 25 orang lainnya incumbent (anggota masa jabatan 2019-2024) yang terpilih kembali.

Guna mengamankan jalannya pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota DPRD tersebut, Panitia melibatkan 60 personel pengamanan. Terdiri atas 20 personel Polres Kebumen, 20 Satpol PP dan 20 dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Kebumen.

Sekretaris DPRD Kebumen Munadi kepada pers Rabu (7/8) mengungkapkan, persiapan pelantikan Dewan sudah dilakukan secara maksimal. Lokasi pelantikan dan pengambilan sumpah janji oleh Ketua Pengadilan Negeri Kebumen di Ruang Rapat Paripurna Lantai 2 DPRD, akan dihadiri 225 undangan.

Kabag Fasilitasi, Penganggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRD Kebumen M Taufik di Ruang Paripurna, Rabu 7/8.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Mereka yang boleh masuk ke Ruang Paripurna terdiri atas 50 wakil rakyat atau anggota DPRD periode 2024-2029 masing-masing dengan suami dan istri sehingga 100 orang, ditambah 50 anggota DPRD 2019-2024.

Selain itu anggota Forkompimda masing-masing dengan istri atau suami, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat dan perwakilan kades serta lurah. Termasuk pimpinan partai politik, pimpinan ormas, tokoh agama, pimpinan organisasi kepemudaan dan olah raga serta wartawan.

Menurut Munadi, untuk pengamanan jalannya pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan DPRD pihaknya bekerja sama dengan Polres Kebumen, Satpol PP dan Disperkimhub. Demi kelancaran acara semua kendaraan tamu undangan akan diarahkan masuk ke Alun-alun Kebumen.

“Kendaraan yang masuk ke halaman DPRD hanya tamu VIP. Tamu lainnya kita arahkan ke Alun-alun supaya kondisi di dalam gedung DPRD steril,”imbuh Munadi.

Sekretaris DPRD itu mengakui, pihaknya ingin mengundang banyak tamu undangan. Berhubung ruangan terbatas, mau tidak mau harus mengatur dan menyesuaikan ruangan. Pihaknya juga menyiapkan ruangan balkon di atas Ruang Paripurna bagi tamu undangan.

“Mohon maaf sekali undangan yang masuk Gedung DPRD kita batasi karena ruangan yang terbatas. Namun kami optimistis pelantikan sesuai jadwal 13 Agustus karena  SK yang diajukan KPU melalui Bupati Kebumen telah disampaikan ke Gubernur Jateng dan tidak ada gugatan,”terang Munadi.

Ikut memberikan keterangan pers di Ruang Rapat Pimpinan DPRD Kebumen Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Ulfah Muswardani, Kabag Fasilitasi, Penganggaran dan Pengawasan M Taufik.

Komper Wardopo

Berikut komposisi 50 anggota DPRD Kebumen 2024-2029:

PKB           11 orang.

PDIP          11 orang

Nasdem       8 orang

Gerindra      7 orang

PPP              4 orang

Partai Golkar 3 orang.

PAN              3 orang

PKS              2 orang

Demokrat      1 orang.

PKB:

  1. Keiko Hessi Missida
  2. Khotimah
  3. Safrizal Wahyu Jatmiko
  4. Solichudin
  5. Fuad Wahyudi
  6. Saman
  7. Saiful Anwar
  8. Ahmad Sudiyono
  9. Muhammad Fauhan Fawaqi
  10. Erni Widi Astuti
  11. Abdul Rouf

PDIP:

  1. N Dwi Alhadi
  2. Y Anifudin
  3. Fitria Handini
  4. Suyono
  5. Amin Lukmantoro
  6. Adhitya Wisnu Bayu Aji
  7. Bambang Sutrisno
  8. Bangkit Hanis Saputro
  9. Khanifudin
  10. Andy Risdianto
  11. Yuliyanto

Partai Nasdem:

  1. Saefudin
  2. Munarso
  3. M Madkhan Anis
  4. Sri Parwati
  5. Khalisa Adelia Aziza
  6. Sulistiyo Widodo
  7. Sri Tuntasari
  8. Faiq Hasan

Partai Gerindra:

  1. Sri Susilowati
  2. Sunardi
  3. Solatun
  4. Basir
  5. Alim Gunawan
  6. Maksum Sodiq
  7. Bambang Suparjo

PPP:

  1. Sri Khalimah
  2. Subroto
  3. Agung Nur Wahid
  4. Wahid Mulyadi

Partai Golkar:

  1. Ratna Yuliyanti.
  2. Restu Gunawan
  3. H Munawar Cholil

PAN:

  1. Suhartono
  2. Ragil Sapto Hadi
  3. Kurniawan

PKS:

  1. Erwin Puji Oktiana
  2. Agus Supriyanto

Partai Demokrat:

  1.  Krismawati

Komper Wardopo

Sumber ( KPUD Kebumen)