Tim Peneliti Dosen Pemula USM, melakukan penelitian pada pelaku UMKM di Kabupaten Demak. Foto: dok/usm

DEMAK (SUARABARU.ID)- Tim Peneliti Dosen Pemula Universitas Semarang (USM), yang berhasil meraih Hibah DRTPM Kemenristek Dikti, mulai melakukan penelitian pada Kamis (1/8/2024).

Adapun penelitian dilakukan di Kabupaten Demak, dengan judul ‘Upaya Peningkatan Kinerja UMKM melalui Strategi Bisnis dan Technopreneurship Dimediasi oleh Digital Technology (Studi Pada UMKM Kabupaten Demak).

Tim Peneliti USM sendiri dipimpin Sulistyorini SE MM, dengan anggota Dr Any Setyarini SE MM, dan Ayu Nurafni Octavia SM MM. Selain itu, ada juga sejumlah mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini

BACA JUGA: Kemenkumham Jateng Gelar Donor Darah, Songsong Hari Pengayoman Ke-79

Dalam keterangannya Sulistyorini mengatakan, penelitiannya menyita banyak perhatian. Karena pada saat ini, permasalahan yang terjadi pada kinerja UMKM Kabupaten Demak dalam pemanfaatan digital ekonomi, masih belum optimal dan merata.

Selain itu juga, para pelaku UMKM masih kurang optimal dalam strategi bisnis dalam pemanfaatan teknologi digital, serta teknologi berwirausaha.

”Tujuan utama penelitian ini, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UMKM di Kabupaten Demak. Dalam penelitian ini, variabel yang digunakan strategi bisnis, technopreneurship dan digital technology,” katanya.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jateng Ingin Serapan APBD Utamakan Produk Dalam Negeri

Menurutnya, di era globalisasi dan perkembangan ekonomi yang semakin pesat, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian, termasuk di Kabupaten Demak.

”UMKM menjadi tulang punggung ekonomi lokal, dan menjadi sumber pendapatan bagi sebagian besar penduduk. Di era globalisasi ekonomi saat ini, UMKM sudah mengikuti kemajuan pertumbuhan yang pesat pada perkembangan teknologi,” ujarnya.

Dia menambahkan, penelitian ini memiliki fokus pada pada implementasi kinerja UMKM untuk dapat memaksimalkan ekonomi digital, dan dampaknya pada perekonomian Indonesia.

BACA JUGA: Bawaslu dan PWI Kudus Kolaborasi Lakukan Pengawasan Partisipatif dalam Pilkada 2024

Sulistyorini berharap, pelaku UMKM dapat memanfaatkan strategi bisnis yang kuat, serta berwirausaha dengan menggunakan teknologi. Selain itu, teknologi digital yang digunakan juga dapat meningkatkan kinerja UMKM.

Ketua Paguyuban UMKM Kabupaten Demak, Dwi Endah Apriliyantini menginginkan, para pelaku UMKM bisa memanfaatkan Digital Technology, untuk memasarkan produk usaha mereka. ”Kami berharap, ada penelitian serupa untuk para pelaku UMKM di Demak,” tandasnya.

Riyan