Tim DosenDosen Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) bersama Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiyah (PRNA) Dorang melaksanakan Pelatihan Pembuatan Pangan Darurat dan Edukasi Kesehatan sebagai bentuk langkah awal tanggap darurat bencana banjir di Gedung Dakwah Muhammadiyah Dorang pada hari Minggu, 28 Juli 2024. Foto: Septiani

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dosen Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) bersinergi dengan Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiyah (PRNA) Dorang melaksanakan Pelatihan Pembuatan Pangan Darurat dan Edukasi Kesehatan sebagai bentuk langkah awal tanggap darurat bencana banjir di Gedung Dakwah Muhammadiyah Dorang pada hari Minggu, 28 Juli 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta, terdiri dari 25 anggota Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiyah dan 10 anggota Pimpinan Ranting Aisyiyah Dorang.  Desa Dorang merupakan desa rawan banjir yang dalam lima tahun terakhir sudah tiga kali mengalami bencana banjir.

Acara tersebut di selenggarakan oleh tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kudus yang terdiri dari Dosen Prodi S1 Gizi yaitu Fariza Yulia Kartika Sari, S.Gz.,M.Si dan Septiani, S.Pd.,M.Gz, serta Dosen profesi Ners, yaitu Tri Suwarto, S.Kep.,M.Kep.,Ners, beserta tiga mahasiswa dari prodi S1 Gizi yaitu Laily Widya Safitri, Melinda Yuslian dan Hanifah Miftahul Jannah.

Tim Dosen Universitas Muhammadiyah Kudus bersama Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiyah Dorang usai melaksanakan Pelatihan Pembuatan Pangan Darurat dan Edukasi Kesehatan sebagai bentuk langkah awal tanggap darurat bencana banjir di Gedung Dakwah Muhammadiyah Dorang pada hari Minggu, 28 Juli 2024. Foto: Septiani

Dalam kondisi bencana, akses terhadap makanan sehat dan bergizi menjadi sulit untuk didapatkan. Kebutuhan akan makanan yang praktis, siap konsumsi, dan mampu mencukupi kebutuhan zat gizi menjadi urgensi bagi setiap korban banjir di desa Dorang. Sementara itu, pengetahuan akan penyakit yang terjadi karena dampak bencana banjir penting untuk diinformasikan. Hal ini sebagai bentuk antisipasi masyarakat dalam mencegah penyakit-penyakit yang terjadi akibat banjir.

Dalam sambutannya, ketua Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiyah Dorang, Ayunda Susi Handayani, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini bagus untuk dilakukan di PRNA Dorang, mengingat bahwa dalam kondisi banjir yang selama ini terjadi, makanan merupakan hal yang menjadi perhatian utama, beliau juga mengharapkan bahwa pelatihan pangan darurat ini nantinya dapat diimplementasikan sebagai langkah awal tanggap bencana dan dilakukan kegiatan yang berkelanjutan

Narasumber pelatihan sedang menyampaikan paparannya. Foto: Septiani

Sementara Taufiq Nugroho Noor, S.Sos.,S.Pd selalu Pimpinan Ranting Muhammadiyah Dorang menyambut dengan hangat kedatangan dari tim PkM Dosen UMKU. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini menunjukkan  bahwa perguruan tinggi tidak hanya menjadi menara gading yang bersinar di tempat yang tinggi, namun juga mampu memperkuat akar-akar di Pimpinan Ranting agar semakin kokoh dan kuat baik secara fisik maupun mental.

Ia juga mengharapkan, kegiatan seperti ini dapat diadakan lagi dikemudian hari di Amal Usaha Muhammadiyah lain di bawah Pimpinan Ranting maupun Cabang Nalumsari baik itu sekolah maupun pondok pesantren.

Sedangkan materi pertama disampaikan oleh  Tri Suwarto, S.Kep.,M.Kep.,Ners, tentang penyakit yang timbul akibat banjir dan penyakit degeratif seperti Diabetes Militus dan Hipertensi. Materi yang kedua adalah pelatihan pembuatan Pangan Darurat disampaikan oleh  Septiani,S.Pd.,M.Gz. Ia memaparkan materi tentang kriteria pangan darurat dan jenis pangan darurat yang dapat di buat dengan mudah di rumah. Produk pangan darurat yang dibuat adalah Mocoo (Mocaf Cookies) yaitu cookies coklat yang terbuat dari substitusi tepung mocaf. Tepung mocaf dipilih karena mengandung beberapa kelebihan dibandingkan dengan tepung terigu, yaitu kadar mineral yang lebih tinggi dan bersifat probiotik.

Ketua tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammdiyah Kudus,  Fariza Yulia Kartika Sri, S.Gz.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada PRNA Dorang yang berkenan bersinergi dengan UMKU dan berharap bahwa kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi seluruh peserta.

Hadepe  – Septiani

situs toto
barbartoto
barbartoto