Kepala Kemenag Batang Akhmad Farkhan memimpin rapat evaluasi penyelenggaraan haji. Foto: Diskominfo Batang.

BATANG (SUARABARU.ID) – Kementerian Agama Batang menggelar Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H/2024 M di Rumah Makan Tirta Asri, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Senin (29/7/2024).

Kepala Kemenag Batang Akhmad Farkhan menyampaikan syukur alhamdulillah, berkat kerja keras dan sinergi yang kuat antara Pemerintah Kabupaten Batang dan semua stakeholders terkait, penyelenggaraan ibadah haji di Batang tahun ini berjalan dengan lancar, tertib, dan baik.

“Pertemuan hari ini bukanlah untuk membahas kesuksesan yang telah kita raih tersebut, melainkan menjadi sebuah momen penting bagi kita semua, untuk bersama-sama merenungkan dan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap penyelenggaraan ibadah haji di Kabupaten Batang tahun 2024,” jelasnya.

Diharapkan, melalui forum strategis ini, segala kekurangan yang masih ada dalam pelayanan ibadah haji tahun ini dapat kita identifikasi, dan kemudian kita perbaiki untuk penyelenggaraan haji yang lebih baik lagi di tahun mendatang.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Batang Siti Mahmudah mengatakan, terkait dengan penyelenggaraan kegiatan hari ini yang pertama dari penyelenggaraan haji umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang melaksanakan kegiatan ini berdasarkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 20024 kemudian kegiatan ini untuk melaporkan kegiatan penyelenggaraan haji Kabupaten Batang tahun 1445 Hijriah atau 2024 Masehi yang mana dari total jamaah se-Kabupaten Batang sebanyak 714.

“Akan tetapi, menjadi 713 dengan status jadi hanya 712 karena yang satu jamaah gagal berangkat karena tidak layak terbang. Alhamdulillah perjalanan haji tahun ini kalau kita amati dan lihat sudah banyak perbaikan, perubahan. Kasus meninggal hanya satu, dibandingkan tahun kemarin untuk Batang yang meninggal ada tiga, itu artinya ada peningkatan dari sisi pelayanan kesehatan,” terangnya.

Kemudian serta dari sisi yang sakit itu juga selalu kita pantau dan kita amati semua bahwa, yang sakit ternyata melihat dari ketersediaan obat itu surplus artinya yang terpakai hanya 50 persen menunjukkan bahwa haji tahun 1445 H ini lebih sukses dari tahun sebelumnya.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat di penyelenggaraan ini, karena sesungguhnya pelaksanaan atau penyelenggaraan Haji ini dari semua dinas yang terkait ada dari Pemda dengan pemberangkatan/pemulangan jamaah haji, kemudian dari Polres sudah mengamankan pada saat perjalanan pemberangkatan/pemulangan, serta kepada jajaran KUA yang mana telah membantu mendampingi para jamaah haji dalam mendapatkan bimbingan manasik sebagai bekal pelaksanaan ibadah haji,” pungkasnya.

Ia berharap, evaluasi yang dilaksanakan menjadi catatan bilamana itu baik kita pertahankan bilamana ada kekurangan akan diperbaiki di masa-masa mendatang.

Nur Muktiadi