Para pelajar mengikuti youth camp PMR Madya dan Wira di SMPN I Kebumen, Minggu 28/7.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 97 siswa mengikuti youth camp atau perkemahan remaja Palang Merah Remaja (PMR) PMI Kebumen Tingkat Madya dan Wira Tahun 2024.

Kegiatan berlangsung dua hari, Jumat-Sabtu 27-28 Juli 2024 di Markas PMI Kebumen Jalan Arungbinang, dan di SMP N 1 Kebumen Jalan Mayjen Sutoyo.

Kegiatan diikuti 97 peserta disambut antusias oleh perwakilan anggota PMR se-Kabupaten Kebumen. Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto membuka secara langsung youth camp dengan menyematkan tanda peserta pada apel pembukaan di Markas PMI setempat.

Turut hadir dalam apel Forum Pembina PMR, Pengurus PMI Kabupaten Kebumen dan staf Markas PMI Kebumen.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto mengungkapkan, youth camp merupakan agenda rutin tahunan sebagai kaderisasi insan PMI. Tahun ini kedua kalinya kegiatan tersebut diselenggarakan.

“Kegiatan youth camp menjadi agenda rutinan, baru berjalan kedua kalinya di tahun ini. Saya rasa kegiatan ini mampu membuat anak-anak PMR untuk menumbuhkan jiwa muda yang bermanfaat bagi sesama,”ujar Sabar Irianto.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto memasang tanda peserta youth camp PMR Madya dan Wira 2024, Sabtu 27/7.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

Lebih jauh Ketua Panitia Dian Ariyanto menjelaskan, kegiatan youth camp 2024 sebelumnya dilaksanakan daring dari 16-18 Juli dan luring di Markas PMI Kebumen dan SMP N 1 Kebumen.

“Youth camp tahun ini dibagi dua episode waktu yaitu ada daring dan luring. Daring sudah kita laksanakan pada 16-18 Juli lalu via zoom meet oleh semua peserta.  Hari ini luring peserta melaksanakan kegiatan di Markas PMI Kebumen dan di SMP N 1 Kebumen,”terang Dian Ariyanto.

Dian Ariyanto berharap kegiatan youth camp dapat membentuk karakter dan keterampilan bagi anggota PMR.

“Harapan saya dan semua Forum Pembina PMR dari pelaksanaan youth camp adalah untuk pembentukan karakter bagi remaja melalui kegiatan yang meningkatkan pengetahuan kepalangmerahan dan keterampilan sebagai pendidik remaja sebaya,” tambah Dian.

Sejumlah pemateri dihadirkan dalam kegiatan perkemahan remaja PMI ini. Di antaranya Pipiet Mahardi, Hafifah Umami, Qosim Jamaluddin, Robiatul Adawiyah, Soni Priyanto, Agus Ramelan, Vredy N, dan Muslim Mustofa.

Para peserta memperolehn sejumlah materi. Meliputi keterampilan   jurnalistik digital, manajemen kepalangmerahan, gerakan, kepemimpinan, donor darah, ayo siaga bencana, praktik pertolongan pertama, pendidikan remaja sebaya, kebersihan kesehatan, praktik bongkar pasang tenda, dan praktek dragbar.

Sela kegiatan penutupan kegiatan lainnya ialah pemilihan koordinator forpis forum palang merah remaja Indonesia (Forpis) tingkat Kabupaten Kebumen periode 2024/2025 terpilih  Putri Utami Armidianti dari SMAN 1 Kebumen.

Komper Wardopo