Serma Bambang (kanan) dari Koramil-19 Purwantoro Kodim 0728 Wonogiri, tampil memberikan pelatihan PBB kepada para siswa MTs N-3 Purwantoro, Kabupaten Wonogiri.(Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) 3 Kecamatan Purwantoro. Kabupaten Wonogiri, mengundang tentara untuk melatih para siswa. Yakni pelatihan teori dan praktik Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, personel TNI yang diundang menjadi instruktur pelatihan PBB adalah Serma Bambang. Sehari-harinya, Serma Bambang, bertugas sebagai Babinsa di Koramil-19 Purwantoro Kodim 0728 Wonogiri.

Siswa MTs N 3 Purwantoro yang mengikuti pelatihan PBB jumlahnya sebanyak 250 anak. Berlangsung di halaman sekolah setempat. Kepada para siswa yang mengikuti pelatihan PBB ini, sekaligus diberikan pembinaan Bela Negara .

Serma Bambang, menyatakan, latihan PBB ini sekaligus untuk memantapkan karakter siswa terhdap pendalaman Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan menjadi pendidikan pendahuluan tentang Bela Negara. Tujuannya, untuk menanamkan rasa tanggung jawab, cinta Tanah Air, serta menjadi bagian untuk pengamalan Pancasila dan UUD 1945.

Dengan cara ini, para siswa diharapkan semakin mampu meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa. Juga memahami makna persatuan dan kesatuan, meningkat sikap disiplin siswa dalam melaksanakan tugas-tugas di sekolah.

Sementara itu, Parmanto selaku Kepala MTs N 3 Purwantoro, mengucapkan, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Babinsa, yang sudah melatih para siswa. ”Semoga kerjasama ini akan terjalin seterusnya,” ujar Parmanto.(Bambang Pur)