Seremonial penerjunan KKN Unisnu Angkatan ke-XVII (foto: Wafi)

JEPARA (SUARABARU.ID)-Sebagai perguruan tinggi yang memiliki nilai-nilai berlandaskan Ahlusunnah wal jamaah (aswaja), Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Secara resmi, Unisnu melangsungkan penerjunan KKN Unisnu Angkatan XVII di lapangan Unisnu Jepara (23/7 2024). Seremonial penerjunan ini dihadiri oleh Rektor Unisnu Jepara, para Wakil Rektor Unisnu Jepara, para Dekan Unisnu Jepara, kepala LPPM Unisnu, LPPM Universitas Wahid Hasyim Semarang, para Kepala Lembaga dan Kepala Biro, 57 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Panitia Pelaksana KKN XVII, dan 831 mahasiswa peserta KKN. Kepala LPPM Unisnu Dr. Sisno Riyoko, S.E., M.M. menjelaskan bahwa 831 mahasiswa peserta KKN akan melaksanakan kegiatan di 57 lokasi sasaran yakni Jepara, Kudus, Demak, Blora, Grobogan, dan Malaysia.

Pada periode ini KKN Unisnu Angkatan XVII melaksanakan kegiatan KKN di desa pada tanggal 23 Juli hingga 30 Agustus 2024 dengan tema “Kader Aswaja Membangun Desa Menuju Indonesia Emas.” Kali ini KKN Angkatan XVII menekankan pada penguatan literasi masyarakat, penguatan kelompok rentan dan pencegahan kawin anak, inivasi teknoogi dan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal, pengembangan SDM Nahdlyyin, perwujudan pelayanan publik berbasis kesetaraan, dan Gerakan masyarakat hidup sehat dan peduli lingkungan sehingga diharapkan desa-desa penerjunan dapat melanjutkan program kerja yang diusung guna memperoleh dampak positif kerja nyata.

Rektor Unisnu Prof. Dr. H. Abdul Djamil, M.A. menjelaskan kegiatan KKN merupakan upaya universitas memberikan bekal secara nyata terhadap ilmu yang diperoleh di bangku kuliah sesuai bidangnya masing-masing. “Apalagi KKN periode ini berkolaboratif dengan universitas lain, saya sangat senang. Cita-cita pelaksanaan kali ini adalah membangun masyarakat ke depan, yakni Indonesia Emas,” ujarnya dalam sambutan upacara penerjunan KKN Angkatan XVII. Tak lupa ucapan selamat menjalankan tugas KKN disampaikan. “Selamat melaksanakan tugas. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan. Terima kasih juga kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini,” ucapnya.

Secara simbolis, Rektor Unisnu didampingi oleh para wakil rektor Unisnu dan Tim Dosen Unwahas serta pendamping menyematkan jaket KKN kepada perwakilan peserta KKN sebagai bentuk restu pimpinan melepaskan mereka bertugas di desa penerjunan. Pelepasan balon menambah kemeriahan seremonial penerjunan KKN. Di akhir sesi acara, Rektor Unisnu secara simbolis menyerahkan bibit tanaman kepada Perwakilan mahasiswa KKN.

ua