JEPARA (SUARABARU.ID)- Pembangunan gedung lima lantai Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSI NU) Cakra Medika Mayong Jepara terus dilakukan pengerjaannya.

Kabar terbarunya, progres pembangunan pasca tuntasnya struktur bangunan dan balok pilar gedung yang ditandai dengan topping off pada 16 Juni 2024, secara keseluruhan kini sudah lebih dari 60 persen.

Janji Direktur Utama PT. Wasaida Putra Cakra, Bagus Mahawan selaku partner usaha Yayasan Kesehatan Islam Nahdlatul Ulama (YAKISNU) Mayong Jepara pada saat ground breaking 1 Februari 2024 benar-benar dilaksanakan dengan baik.

“Setelah mengkaji berbagai aspek dan memproyeksikan berbagai kemungkinan, kami bertekad kepada tim 14 untuk bisa menyelesaikan pembangunan rumah sakit ini pada akhir tahun 2024 ini”, kata Iwan, panggilan akrab Bagus Mahawan.

Lebih lanjut Iwan mengatakan keyakinannya bahwa kerja sama ini akan memberikan kebaikan untuk semuanya.

Sementara itu, pengawas lapangan yang menjadi perwakilan Yayasan Kesehatan Islam NU (Yakisnu), Abdi Munif, mengatakan bahwa bahwa pemasangan bata ringan untuk dinding di setiap lantai sudah selesai semua.

Secara simultan, pengacian dinding dalam ada yang sudah mencapai 100 persen, ada juga yang baru 50 persen. Namun, secara rata-rata pembangunan dinding antar ruangan sudah di atas 80 persen.

“Iya memang progres pemasangan dinding tiap lantai berbeda beda, namun jika dirata-ratakan sudah di atas 70 persen”, kata Izzah, pengawas pembangunan konstruksi dari PT Proporsi, Senin, 22 Juli 2024.

Izzah optimis untuk pemasangan dinding dan pengacian serta pemasangan lantai ditargetkan bisa selesai Juli ini. Nantinya, dari kelima lantai itu akan dipakai untuk 50 bed pasien rawat inap sebagai syarat minimal rumah sakit tipe D.

Menurut Ketua Umum YAKISNU Mayong KH. Mughits Nailufar, nantinya RSI NU Mayong akan membuka lima layanan spesialisasi kesehatan, meliputi spesialis bedah, spesialis anak, spesialis penyakit dalam, spesialis kandungan, spesialis gigi, dan spesialis mata.

Pada bulan Juli ini, pengajuan ijin mendirikan rumah sakit sedang on going progres bersamaan dengan pengajuan sertifikat laik fungsi (SLF).

“Saat ini, Yakisnu Mayong beserta PT Wasaida sedang melakukan seleksi calon direktur RSI NU Cakra Medika Mayong”, kata Gus Mughits.

“Ijin operasional lima layanan kesehatan spesialis merupakan tuntutan di tengah semakin berkembangnya komunitas masyarakat di Jepara bagian selatan, namun belum diiringi fasilitas kesehatan yang memadai”, tutur Kiai muda alumni pondok pesantren Tambak Beras Jombang.

“Mohon doa seluruh masyarakat Jepara terutama warga nahdliyyin agar ikhtiar menghadirkan layanan kesehatan NU senantiasa diberikan kemudahan Allah SWT”, tutur pengasuh pondok pesantren Al Anwar An Naqsabandiyyah Gleget Mayong Jepara.

ua/zank