Pengurus PMI Kebumen menyaksikan karyawan berlatih menggunakan alat pemadam api ringan, Sabtu 20/7.(Foto:SB/Humas PMI)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan pelatihan menggunakan alat pemadam api ringan (apar) dan simulasi kebakaran, Sabtu (20/7).

Pelatihan berlangsung di Aula Markas PMI Kebumen Jalan Arungbinang, melibatkan 41 pegawai dan staf.

Turut hadir Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto, Kepala Unit Donor Darah dr Dewi Sulistianingrum, Pengurus PMI Kebumen dr Fatmahwati serta Salim Wazdy.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto mengungkapkan, kegiatan pelatihan apar dilaksanakan guna persiapan akreditasi Unit Donor Darah (UDD) PMI Kebumen Tahun 2024

“Perlu kita garis bawahi pelatihan kali ini mengenai apar supaya bisa diikuti secara maksimal oleh bapak ibu semua. Karena ini menjadi salah satu poin persiapan enjelang akreditasi UDD di tahun 2024 ini,”ujar Sabar Irianto didampingi Wakil ketua Salim Wazdy.

Staf dan pegawai PMI Kebumen mengikuti pelatihan penggunaan alat pemadam api ringan dan simulasi kebakaran, Sabtu 20/7. (Foto:SB/Humas PMI)

Lebih Jauh Kepala UDD dr Dewi Sulistianingrum mengatakan, pelatihan apar bertujuan melatih para karyawan agar mampu menggunakan apar dengan tepat dalam menanggulangi kebakaran skala kecil.

Menurut Dewi, dalam persiapan akreditasi di tahun ini banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya pada bagian manajemen fasilitas dan kesehatan. Pada bagian ini ada kegiatan pelatihan apar yang dilaksanakan sehari.

“Pelatihan kali ini bertujuan memberi pemahaman kepada seluruh pegawai tentang penggunaan apar, serta melatih para pegawai agar mampu menggunakan apar dengan tepat untuk menanggulangani kebakaran dalam skala kecil,”terang Dewi.

Kegiatan mengundang narasumber berpengalaman dari Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Kebumen. Sejumlah materi dihadirkan. Seperti tata cara penggunaan apar, penyebab kebakaran serta teknik pemadaman.

Usai mendapatkan materi, dilanjutkan dengan simulasi kebakaran di halaman kantor PMI Kebumen. Para pegawai satu persatu berlatih memadamkan api menggunakan apar.

Komper Wardopo