Petugas Satlantas Polres Kebumen memeriksa bus di Terminal Tipe A Kebumen, Rabu17/7. (Foto:SB/Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bersamaan Operasi Patuh Candi 2024, Satlantas Polres Kebumen Rabu (17/7) menggandeng Pemkab menggelar kegiatan ramp chek kendaraan bus yang memasuki Terminal Bus Tipe A Kebumen.

Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho melalui Plt Kasi Humas Aiptu Nanang Faulatun menjelaskan, ramp check kendaraan untuk memastikan bahwa kendaraan yang tengah beroperasi dalam kondisi fit sehingga laik jalan untuk membawa penumpang.

Tak luput para pengemudi  bus juga menjalani pengecekan kesehatan laboratorium ringan oleh Urkes Polres Kebumen.

“Pengecekan ini untuk meminimalkanterjadi kecelakaan karena troublenya kendaraan, atau pun kondisi sopir yang kurang sehat sehingga kami melakukan pengecekan sebagai upaya pencegahan,”jelas Aiptu Nanang.

Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Koyim Maturrohman menambahkan, saat ramp check, setiap bus masuk terminal diperiksa satu persatu mulai dari kelengkapan teknis sampai administrasi.

“Sasaran kegiatan ini adalah kendaraan pengangkut penumpang  yang memasuki wilayah Kebumen,”ujar AKP Koyim.

Menurut penuturan Lasat Lantas, ramp check kendaraan penting dilakukan secara berkala untuk memastikan semua dalam kondisi baik.

Tak luput seperti sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, kondisi ban, dan sabuk keselamatan juga dilakukan pengecekan oleh petugas gabungan.

Termasuk pada teknis penunjang kendaraan, meliputi pengukur kecepatan, spion, wiper kaca depan, klakson, kapasitas tempat duduk penumpang, serta perlengkapan kendaraan dan tanggap darurat juga dicek.

Satlantas dan Pemkab juga aka melakukan ramp check secara berkala di beberapa titik rest area atau beberapa terminal angkutan di Kebumen.

Komper Wardopo