Gambar sosok yang mencalnkan diri sebagai kepala daerah baik wali kota maupun gubernur tertempel di pohon-ponon. Foto: Diaz Aza

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Makin merebak alat peraga sosial (APS) berbentuk flyer bergambar sosok politisi dan sipil di Kota Semarang.

Pantauan di lapangan, flyerr politisi dan nonpolitisi merebak di sudut-sudut Kota Semarang dalam beberapa pekan terakhir.

Celakanya, flyer tersebut terpasang tidak pada tempatnya, seperti dipaku di pohon, dipasang di tiang-tiang kabel, dan lainnya.

Seperti yang tampak pada Jalan Kaligawe, tampak flyer berlogo partai, dengan salah satu sosok yang didukung ditancap di pohon-pohon peneduh.

“Pagi tadi berangkay kerja tiba-tiba kok banyak flyer dengan warna terang itu ditancap di pohon. Tidak tahu siapa yang memasang,” kata Bibi, salah seorang warga, Jumat 19 Juli 2024.

Selain di lokasi tersebut, banyak juga flyer kampanye yang ditancap di pohon tabebuya di tepi Banjirkanal Timur.

“Kalau di sini ada yang baru ada yang sudah lama. Tidak ada yang menindak, paling-paling copot kena angin,” katanya.

Lalu terpasang di sekitar Pasar Kartini Semarang, Jalan S Parman, dan lain-lain. Flyer tersebut berisi tulisan dukungan kepada sosok-sosok untuk maju menjadi Wali Kota Semarang, hingga Gubernur Jawa Tengah.

Belum ada tindakan penurunan flyer yang dipasang tidak pada tempatnya oleh pihak-pihak terkait.

Diaz Aza