Kondisi jalan penghubung Desa Pungsari, Kecamatan Plupuh dan Sangiran, Desa Krikilan, Kalijambe, Sragen kini kondisinya sudah mulus. Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID)– Pengendara kendaraan bermotor yang melewati ruas jalan di Sragen menyebutkan kondisi jalan di kabupaten Sragen sekarang  terbilang bagus. Jalan terasa nyaman dilewati untuk  aktivitas  keperluan sehari-hari.

Respon positif datang dari masyarakat luar Sragen maupun masyarakat Sragen itu sendiri. Terutama yang sudah mencoba melewati jalan Sumberlawang – Gemolong – Kalijambe, maupun ruas jalan di kawasan Museum Manusia Purba Sangiran, Sragen.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan berdasarkan dari data yang ada pembangunan dan perbaikan jalan di Kabupaten Sragen, tercatat 86 persen sudah bagus.

“Situasinya jauh berbeda dibandingkan dengan kondisi jalan  pada sekitar 10 tahun yang lalu,” ungkap Yuni, sapaan Bupati Sragen. Kini beberapa ruas jalan kabupaten sudah mulus dan nyaman dilalui.

Sutikmi (71) warga Dukuh Sambirejo, Desa Bangkleyan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mengatakan dia sering melintasi jalan-jalan di Sragen dan Ngawi saat bepergian ke Solo. Dia membandingkan kondisi jalan lebih bagus di Sragen.

“Jalan di Sragen sekarang sudah bagus,” kata mbah Sutikmi, Kamis (18/7/2024).

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu pengguna jalan asal Pati, Yudhistira (35) mengaku lebih nyaman lewat Sragen. Lantaran kondisi jalan semakin baik.

“Saya setiap minggu, dari Pati ke Sukoharjo. Lewatnya Sumberlawang, Gemolong  Plupuh tembus Masaran,” ujarnya.

Dia menyampaikan kondisi jalan yang dilalui lebih lancar dan tidak padat daripada harus lewat Solo.

“Saya memiliki pekerjaan di Pati, tapi Istri tinggal di Sukoharjo. Jadi hafal jalan pas lewat Sragen. Kondisi cor jalannya bagus,” tuturnya.

Sementara, Supir kendaraan bermuatan berat asal Pati, Tukiman (52) juga mengapresiasi jalanan di Sragen. Dia menjelaskan kondisi di Sragen sekarang ini sudah baik.

”Dulu sering ketemu truk rusak atau patah as,  karena masalah jalan. Sekarang sudah nggak. Mau lewat jalur Sumberlawang sampai arah Solo, jalannya sudah bagus,” ujarnya.

Mukti (38) warga Taprukan, Bukuran, Kalijambe, Sragen juga mengapresiasi kalau jalan-jalan sudah bagus. Dia mengatakan bahwa kondisi jalan mantap juga dirasakan olehnya yaitu jalan raya Pungsari – Plupuh ke arah Sangiran, Kecamatan  Kalijambe, sudah mulus

Sebelumnya kondisi jalan cor itu  pecah-pecah, sehingga perjalanan terganggu. Dulu masyarakat males kalau melewati jalan itu, karena rusak.

Setelah jalan selesai diperbaiki dan diresmikan Bupati Yuni di Desa Pungsari, warga sangat berterima kasih ke Bupati Yuni. “Akses jalan semakin mudah kondisi jalan ramai, warga buka usaha di sepanjang jalan wisata Sangiran ramai yang jelas ada dampak positif,” ujarnya sembari tersenyum.

Anind