Kota Semarang melalui Eagle School berhasil memenangkan enam kejuaraan di ajang Jambore Pendidikan Kesetaraan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 di Wonder Park Tawangmangu, Karanganyar, pada 6 – 7 Juli 2024. foto : Disdik Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kota Semarang mencatat prestasi membanggakan dalam ajang Jambore Pendidikan Kesetaraan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 dengan predikat Juara Umum.

Ini adalah kali pertama Kota Semarang menjadi juara umum dalam ajang tersebut sekaligus membuktikan bahwa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kota Semarang semakin berkembang.

PKBM Eagle School yang mewakili Kota Semarang berhasil meraih enam kategori dalam ajang yang digelar oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Forum Komunikasi (FK) PKBM Provinsi Jawa Tengah dan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar.

Dedie Yulianto, Ketua PKBM Eagle School mengatakan jika keberhasilan ini tak terlepas dari peran dari Dinas Pendidikan Kota Semarang.

“Kemarin dari Dinas Pendidikan Kota Semarang juga ikut hadir memberikan support pada anak-anak. Harapan kami kedepan apabila dipercaya lagi mewakili Kota Semarang, kita berharap bisa menjadi lebih baik dan mempertahankan juara umum untuk Kota Semarang,” tutur Dedie.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa Eagle School telah melalui sejumlah persiapan setiap hari menyambut event tersebut sehingga dapat meraih hasil maksimal.

“Kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena anak-anak diberikan kreativitas untuk mempersiapkan semua ide-ide. Mereka seharusnya libur sekolah, tetapi ketika saya tanya, mereka tetap mau latihan dan ingin memberikan yang terbaik untuk Kota Semarang,” ungkap Dedie.

Jambore Pendidikan Kesetaraan Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2024 sendiri dilaksanakan di Wonder Park Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, pada 6 – 7 Juli lalu.

Kegiatan tersebut diikuti total 350 peserta yang merupakan perwakilan dari 35 kota/kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. PKBM Eagle School menjadi perwakilan kontingen Kota Semarang dan sukses memborong juara.

Kota Semarang melalui Eagle School berhasil memenangkan enam kejuaraan, yaitu Juara 1 Lomba Guru/Tutor Kreatif, Juara 2 Lomba Video Kreatif, Juara 2 Lomba Poster (putra), Juara 3 Lomba Hasta Karya P5, serta Juara Harapan 1 Lomba Poster (putri), yang membawa mereka pada status Juara Umum Jambore Pendidikan Kesetaraan Jawa Tengah Tahun 2024.

Masing-masing kategori lomba ini bertemakan seputar edukasi dan ramah lingkungan yang menguji kreativitas peserta didik serta guru pendamping.

Hery Priyono