Suasana gelaran Job Fair ke-45 UKSW. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) melalui Direktorat Kealumnian dan Karier (DKK) kembali menunjukkan komitmennya dalam mempertemukan lulusan dan masyarakat umum dengan dunia kerja melalui gelaran Job Fair ke-45.

Job Fair dengan tema “Discover Your Dream Jobs” ini telah dibuka pada Kamis (18/7/2024) dan berlangsung selama dua hari hingga Jumat (19/7/2024). Sejak dibuka, acara ini telah menarik perhatian ratusan pencari kerja yang memadati Balairung UKSW.

Menawarkan ratusan lowongan pekerjaan dari 42 perusahaan dan sekolah nasional serta multinasional, Job Fair ini menghadirkan lebih dari 520 posisi yang siap diisi. Dari lulusan SMA/SMK, mahasiswa magang, hingga D3, D4, S1, dan S2 dari berbagai program studi mempunyai kesempatan untuk meraih masa depan yang lebih cerah.

Beberapa perusahaan terkemuka yang berpartisipasi antara lain BCA, Astra Otoparts, Formulatrix, BRI, Duniatex Group, Pura Group, Waleta Asia Jaya, Palador INC, Polytron, Sekolah Karangturi, BPK Penabur Jakarta, Indofood Group, Haldin Group, PT Metrodata Electronics Tbk, PT Nojorono Tobacco International, PT Trina Mas Agra Indonesia, Wings Group Surabaya, dan lainnya.

Ketua Panitia Job Fair ke-45 UKSW, Theresia Evy Yeniarti, S.E., menuturkan, acara ini dihadiri perusahaan dari berbagai kota di Pulau Jawa maupun luar Jawa serta menyediakan banyak pilihan bagi para pencari kerja. “Job Fair UKSW digelar secara gratis dan memberikan fasilitasi bagi para pencari kerja untuk langsung mengikuti seleksi kerja berupa psikotes maupun wawancara. Dengan fasilitas ini, pencari kerja bisa langsung diseleksi sehingga tidak perlu menunggu lama,” ujarnya.

Theresia Evy menjelaskan, pendaftaran para pencari kerja dapat dilakukan secara online melalui laman website jobfair.uksw.edu, dengan berkas softfile dan hardfile yang telah disiapkan. Selain rekrutmen, acara ini juga menghadirkan podcast live Instagram @career.uksw untuk memberikan gambaran lebih jelas tentang perusahaan dan sekolah yang berpartisipasi.

Para pencari kerja juga menunjukkan antusiasme tinggi saat mengikuti Job Fair ini. Aswin Rafif Istihsan, lulusan SMK Saraswati Salatiga, merasa terbantu dengan adanya Job Fair ini. “Perusahaannya variatif dan beberapa sesuai dengan yang diinginkan. Tidak perlu jauh untuk melamar pekerjaan,” ujarnya yang berencana mendaftar di sejumlah perusahaan di bidang otomotif dan produksi ini.