Bupati Kebyumen Arif Sugiyanto menyampaikan rilis hasil survei elektabilitas dari Pandawa Research, diKompleks Pendopo Kabumian, Senin 15/7.(Foto:SB/Prokopim Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengabarkan telah menerima hasil survei dari lembaga Pandawa Research terkait elektabilitasnya pada Pilkada 2024.

Dari hasil survei tersebut, Arif Sugiyanto menyampaikan bahwa elektabilitasnya selaku petahana untuk maju kembali pada Pilkada 2024 November mendatang mencapai 72,3%.

Dengan begitu mayoritas masyarakat masih menginginkan dirinya kembali maju sebagai calon Bupati berpasangan dengan Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih.

“Alhamdulillah kita bersyukur dari hasil survei yang kita terima elektabilitas kami bersama Wakil Bupati Ristawati mencapai 72,3%. Masyarakat menginginkan kita kembali mencalonkan diri sebagai bupati dan wakil bupati Kebumen,”ujar arif Sugiyanto di Pendopo Kabumian, Senin (15/6).

Selain elektabilitas atau dukungan masyarakat sebagai calon bupati, Pandawa juga menyurvei terkait kinerja pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Arif-Rista. Termasuk tingkat kesukaan terhadap Bupati Arif. Untuk kepuasan terhadap kinerja pemerintah daerah mencapai 83,6%.

“Kita lihat di sini kinerja pemerintah daerah Alhamdulillah 83,6%, masyarakat menyatakan puas, hampir sama dengan LSI yang 84,5%. Kemudian kami menduduki posisi tertinggi di 92,6% untuk indikator tingkat pengenalan dan kesukaan masyarakat,”terangnya.

Bupati bersyukur survei tentang dirinya dan pemerintah daerah masih sangat baik. Survei ini, lanjut dia  menjadi acuan atau dasar pertimbangan bagi partai politik dalam memberikan rekomendasi kepada paslon yang dinilai memiliki prestasi yang baik di masyarakat.

“Tentunya survei ini untuk melihat potensi bakal calon. Di situ ada evaluasi kinerja pemerintah daerah, kalau incumbent pasti dicek, bagaimana kinerjanya baik atau tidak,”terang  politisi yang juga mantan  Polri itu.

Dalam lembaran hasil survei tersebut terungkap  pengumpulan data berlangsung pada 19–23 Juni 2024. Kemudian teknik sampling dengan multistage random sampling. Total sampel 440 responden, margin of error 4,8% dengan selang kepercayaan 95%.  Wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

Bupati mengakui, dengan hasil survei ini menambah semangat dirinya dan Wakil Bupati Ristawati untuk terus mengabdi kepada masyarakat di Kebumen.

“Mohon doanya semoga diberikan kelancaran dan kemudahan. Untuk masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan berita hoaks. Karena apa pun caranya dalam perpolitikan terkadang ada hal-hal yang tidak masuk akal untuk dilakukan,”ujar dia.

Arif menegaskan, dirinya akan fokus terus melayani masyarakat dengan kebijakan yang telah terprogram. Mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, dan hasilnya bisa dilihat oleh masyarakat.

Bupati pun menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kebumen yang telah mempercayakan kepadanya dalam pembangunan di Kebumen hingga mencapai keberhasilan seperti sekarang ini.

Komper Wardopo