PLN UIK Tanjung Jati B berpartisipasi dalam Zero Waste Zero Emission Festival 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Foto: Humas PLN

JEPARA (SUARABARU.ID)  – PLN UIK Tanjung Jati B berpartisipasi dalam Zero Waste Zero Emission Festival 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Festival yang berlangsung pada 2-4 Juli 2024 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, ini mengangkat tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”.

Dalam festival ini, PLN UIK Tanjung Jati B memamerkan inovasi pemanfaatan limbah Fly Ash Bottom Ash (FABA) dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B. Inovasi tersebut mencakup penggunaan FABA untuk pembuatan ballasat paving di pasar Bangsri, Jepara, tetrapod, serta geobag FABA untuk mengatasi bencana banjir di Semarang.

Dalam festival ini, PLN UIK Tanjung Jati B memamerkan inovasi pemanfaatan limbah Fly Ash Bottom Ash (FABA) dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B. Foto: Humas PLN

General Manager PLN UIK Tanjung Jati B, Dony Ocniza, menyatakan, “Partisipasi kami dalam festival ini merupakan bagian dari wujud komitmen PLN UIK Tanjung Jati B dalam mendukung upaya penanganan limbah dan pengurangan emisi. Melalui inovasi pemanfaatan FABA, kami tidak hanya mengurangi limbah, tetapi juga memberikan nilai tambah ekonomi dan sosial bagi masyarakat sekitar.” Lebih lanjut, Dony menambahkan, “Ke depan, kami menargetkan untuk terus meningkatkan pemanfaatan FABA, serta berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon.”

Tim dari Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3LK) serta Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UIK Tanjung Jati B hadir di booth pameran untuk memberikan penjelasan lebih lanjut kepada pengunjung mengenai inovasi dan program-program lingkungan yang telah dilaksanakan.

Dalam festival ini, PLN UIK Tanjung Jati B memamerkan inovasi penggunaan FABA untuk pembuatan ballasat paving di pasar Bangsri, Jepara, tetrapod, serta geobag FABA untuk mengatasi bencana banjir di Semarang. Foto: Humas PLN

Festival Zero Waste Zero Emission 2024 merupakan bagian dari Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024. Acara ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah, limbah, dan bahan berbahaya beracun, serta memamerkan teknologi dan proses penanganan limbah dari berbagai pemangku kepentingan.

Melalui partisipasi dalam festival ini, PLN UIK Tanjung Jati B menegaskan komitmennya dalam mendukung upaya pemulihan lingkungan dan penanganan krisis iklim melalui inovasi yang berkelanjutan dan inklusif.

Hadepe