Para peserta kegiatan apel Gertak PSN, foto bersama di depan Pendapa Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri.(Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bertempat di halaman Balai Desa Biting, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, dilaksanakan apel Gerakan Serentak (Gertak) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Kegiatan ini, dirangkai dengan sosialisasi pencegahan wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) ke seluruh desa se-Kecamatan Purwantoro.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, Babinsa Koramil-19/Purwantoro, Sertu Wardoyo, ikut  menghadiri apel Gertak PSN. Dilaporkan, kegiatan ini, merupakan upaya pencegahan terhadap penyakit DBD yang terus digalakkan oleh Pemerintah Kecamatan Purwantoro.

Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit yang bisa dicegah. Pencegahan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue melalui nyamuk Aedes Aegypti ini, tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Melainkan harus dilakukan bersama-sama dengan melalui komitmen seluruh elemen masyarakat, untuk melaksanakan PSN secara serentak dan berkelanjutan.

Yakni secara bersama-sama turun ke lapangan, ke rumah-rumah warga, untuk mengecek secara langsung tentang kebersihan lingkungan. Warga diseru jangan lengah terhadap pengawasan dan pemberantasan jentik nyamuk, yang harus dilakukan secara terus-menerus.

Tampak hadir dalam apel Gertak PSN ini, Camat Purwantoro, Khamid Wijaya, Iptu Nugroho dari Polsek Purwantoro, Kepala Pusekesmas Purwantoro Dokter Warseno, Kepala Desa (Kades) Biting bersama Kepala Dusun (Kadus) se-Kecamatan Purwantoro.(Bambang Pur)