Al Carrol Darby Agraciano Adhakhil (AL).

JEPARA (SUARABARU.ID)- Jika ada pepatah yang mengatakan buah jatuh tak jauh dari pohonnya, sepertinya sangat pas jika itu dikaitkan dengan seorang remaja bernama Al Carrol Darby Agraciano Adhakhil.

Al, saat berada di podium menerima medali emas.

Remaja yang saat ini sedang menempuh pendidikan di SMPN 2 Jepara ini berrhasil meraih medali emas dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasioanl (O2SN) 2024 Jawa Tengah tingkat SMP/MTs/ sederajat melalui cabang olahraga karate.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP/MTs/Sederajat adalah sebuah ajang talenta di bidang olahraga, yang diselenggarakan untuk peserta didik SMP/MTs/Sederajat. Ajang O2SN SMP/MTs/Sederajat diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi.

Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

Lalu, apa hubungannya dengan pepatah seperti yang disebutkan di atas. Remaja yang akrab disapa Al ini ternyata putra mantan atlet karate profesional Jepara, Luluk Agus Yulianto. Pria yang sering disapa LAY ini juga satu-satunya wasit karate yang berlisensi Asia dari Jepara.

Kepada suarabaru.id, Al mengaku berlatih karate sejak TK. “Hoby karate menurun ke saya mungkin dari ayah”, ujar Al.

“Sejak kecil saya dilatih ayah, dan kebetulan ayah juga mendirikan tempat latihan yang diberi nama Garuda Karate Klub. Selain ayah saya juga dilatih Sensei Niko Hendratno”, lanjut Al.

Remaja yang punya juga hobi berenang ini menceritakan pengalamannya selama mengikuti kompetisi karate.

“Alhamdulillah, beberapa kejuaraan bergengsi pernah saya raih, di antaranya mendapatkan medali perak di Malaysia Open 2018, medali perak di Thailand Open 2019, serta medali emas di Ratu Kalinyamat Cup, Jepara 2023, medali emas di Jogja Open 2022, medali emas di Wimaya Open Jogja 2023”, terang remaja kelahiran Jepara, 25 Maret 2010 ini.

“Setelah lolos di ajang O2SN tingkat Jateng, insyaallah di bulan Agustus nanti saya akan mengikuti kompetisi tingkat Nasional”. pungkas Al.

Berikut profil singkat dari Al Carrol Darby Agraciano Adhakhil. Nama panggilan AL, putra dari pasangan Luluk Agus Yulianto dan Lilik Muizatun Khasanah, alamat Bangsri Jepara RT 02 RW 17. Siswa SMPN 2 Jepara.

ua