KH Anshori Syukri (kiri) memimpin berdoa bersama sebelum meresmikan Pondok Tahfidz Modern Al Anwar Pawiro Dikromo di Desa Karangwaru, Plupuh, Sragen, Kamis (11/7/2024). Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID)- Pondok Tahfidz Modern Al Anwar Pawiro Dikromo dan SMP Islam Internasional Al Abidin di Desa Karangwaru, Kecamatan Plupuh, Sragen diresmikan, Kamis (11/7/2024).

Peresmian dilakukan KH Anshori Syukri didampingi Staf Ahli Bupati dr Didik Haryanto mewakili Bupati Sragen serta tokoh pendidikan Doktor Gatot Supadi serta pengurus Yayasan Pendidikan Tunas Harapan Plupuh.

Peresmian pondok juga dimeriahkan Rebana Walisongo asuhan KH Ma’ruf Islamuddin serta diisi Pengajian Akbar KH Anshori Syukri dari Karanganyar.

“Pengajian dihadiri sekitar seribu jemaah,” tutur Hartono, jemaah asal Desa Karangwaru, Plupuh, Sragen

Ketua Panitia Peresmian Pondok Apriyanto mengatakan tanah untuk pondok itu merupakan tanah wakaf dari keluarga alm.Pawiro Dikromo dan alm.Hj Sri Lestari.

“Semasa masih hidup, Hj Sri Lestari mendambakan punya rumah kediaman berada di dekat pondok,” tuturnya.

Pasangan Pawiro Dikromo dan Hj Sri Lestari sudah meninggal dan cita-citanya dilanjutkan sejumlah putra dan kerabat Pawiro Dikromo dan Hj Sri Lestari yang akhirnya berhasil mendirikan Pondok Tahfidz Modern Al Anwar Pawiro Dikromo dan SMP Islam Internasional Al Abidin.

Jumlah santri penghuni pondok sebanyak 50 orang santriwan dan santriwati. Diantara santri berasal dari Sragen, Sukoharjo, Karanganyar, Jakarta, Kalteng, Sulteng, Yogya serta Solo.

Dokter Didik Haryanto mewakili Bupati Sragen berharap kelak akan muncul generasi calon pemimpin bangsa yang berkualitas dan berakhlak mulia yang tahfidz Alquran, berasal dari pondok itu.

“Sehingga mereka bisa membawa Sragen lebih baik dan lebih maju lagi,” pesan dokter Didik Haryanto. Peresmian pondok ditandati pengguntingan pita dan pelepasan balon ke udara.

Anind