Minibus yang mengangkut anggota PKK dan belasan pegawai Kecamatan Sidoharjo Sragen, terguling di Kemuning, Ngargoyoso,Karanganyar, Rabu (10/7/2024). Foto: Anind

KARANGANYAR (SUARABARU.ID) – Sebuah minibus sarat bermuatan penumpang Pokja III PKK dan Pegawai Kantor Kecamatan Sidoharjo,  Sragen terguling di dekat jembatan kaca Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, sekitar pukul 12.15, Rabu (10/7/2024).

Tidak terdapat korban jiwa dalam musibah itu, namun lima orang korban dikabarkan mengalami luka lecet-lecet. “Korban bus terguling mendapatkan pertolongam warga kemudian dibawa ke Puskesmas Ngargoyoso, Karanganyar,” ujar Sumarti warga Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar.

Camat Sidoharjo Dwi Cahyono saat dimintai konfirmasi mengatakan minibus berisi 25 penumpang Pengurus Pokja III PKK perwakilan desa-desa yang terguling  mengakibatkan lima penumpang luka-luka.

“Tiga dari lima penumpang yang semula dirawat di Puskesmas Ngargoyoso, kini dirujuk ke RS PKU Muhammadiyah Masaran Sragen,” tutur Camat Sidoharjo Dwi Cahyono.

Tiga penumpang itu mengalami luka di tangan dan ada yang luka pergelangan tangan. Sedangkan dua penumpang lain yang terkena pecahan kaca, menjalani rawat jalan.

Minibus warna biru AD 1252 KC terguling diduga akibat sulit dikendalikan setelah gagal menanjak di jalan dekat Jembatan Kaca Kemuning. Minibus kemudian melorot dan menghantam tebing, kemudian terguling.

Diantara penumpang terdapat anggota Pokja III PKK dari Desa Sribit, Desa Singopadu, Desa Duyungan dan Desa Jetak. Sedangkan PKK Desa Sidoharjo tidak mengirimkan peserta, karena piknik itu bukan tugas dinas dan  tidak ada surat permohonan  resmi ke Kantor Kelurahan Sidoharjo. “Perwakilan anggota PKK Desa Sidoharjo saya larang, sehingga tidak ada yang ikut,” tutur Kades Sidoharjo Titik Saptawati, SPd,MH dihubungi, Rabu (10/7).

Kebetulan Pemdes Sidoharjo juga tengah menggelar Musdes tentang Laporan Pelaksanaan APBDes Semester I Tahun 2024. Sehingga pengurus PKK Sidoharjo, tidak ada yang ikut.

Di luar dugaan, bus pengangkut rombongan itu terguling di Wilayah Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar.

Anind