Pojok baca di Bandara Ahmad Yani Semarang, kerja sama Angkasa Pura I dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang. Foto: Dok AP 1

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Angkasa Pura I (AP I) Kantor Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang menjalin kerja sama  dengan Dinas Arsip & Perpustakaan (Arpus) Kota Semarang  tentang penyediaan Ruangan Pojok Baca, Senin 8 Juli 2024.

Adapun Pojok Baca tersebut berlokasi di Ruang Tunggu Keberangkatan lantai 2 Terminal Penumpang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Kerja sama Kolaboratif dengan Dinas Arsip & Perpustakaan Kota Semarang ini merupakan upaya peningkatan Customer Satisfaction Indeks (CSI) bagi pengguna jasa bandara, terkhusus untuk penumpang.

Melalui penyediaan buku-buku bacaan pada Pojok Baca di Ruang Tunggu Terminal Penumpang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang diharapkan bisa lebih meningkatkan literasi dan minat baca di masyarakat dengan cara mendekatkan buku cetak dan buku digital pada masyarakat.

“Pembukaan Ruangan Pojok Baca yang berlokasi di Ruang Tunggu Lantai 2 merupakan upaya bandara untuk lebih meningkatkan customer experience serta harapannya para penumpang yang sedang menunggu waktu boarding dapat memanfaatkan Ruangan Pojok Baca ini dengan senyaman mungkin,” kata Fajar Purwawidada selaku General Manager Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

GM Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani, Fajar Purwawidada dan Kepala Dinas Arpus Kota Semarang, Bambang Suranggono, menandatangani Kerja Sama Pojok Baca di Bandara Ahmad Yani, Senin 8 Juli 2024. foto : AP I

Senada, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang, Bambang Suranggono, mengatakan, Pojok Baca selain untuk memberikan nilai lebih dan pengalaman terbaik bagi penumpang selama berada di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Pojok Baca ini juga bertujuan untuk mengembangkan literasi dan gemar membaca pada masyarakat.

“Ini juga untuk mendukung Program Gerakan Literasi Atraktif Bergerak Bersama atau disingkat ‘Geliat Bergema’ yang telah dicanangkan oleh Dinas Arsip & Perpustakaan Kota Semarang, melalui penempatan buku cetak dan Digital Sibooky,” katanya.

Sementara itu, selama masa Libur Sekolah, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang juga telah mengadakan berbagai event atau kegiatan seperti Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi pengguna jasa bandara, bekerja sama dengan Prodi Keperawatan Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang, serta Performance Live Music bekerja sama dengan Disbudpar Kota Semarang di Exhibition Hall lantai 1.

Sebagai tambahan informasi, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pada awal periode Liburan Sekolah yakni tanggal 23 Juni hingga 6 Juli 2024, telah melayani penumpang sebanyak 108.310 orang, atau mengalami kenaikan sebesar 22% jika dibandingkan sebelum masa Liburan Sekolah.

Selain kenaikan jumlah penumpang, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang juga mencatat kenaikan jumlah traffic pesawat udara sebesar 15%, yakni 783 pergerakan pesawat udara (Take Off dan Landing) dibandingkan sebelum masa Liburan Sekolah tahun ini.

Hery Priyono