Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki memimpin Apel Siaga pasca musibah gempa bumi, Senin 8 Juli 2024. Foto: Diskominfo Batang.

BATANG (SUARABARU.ID) – Pasca gempa bumi Magnitudo 4,4 terjadi di wilayah Kabupaten Batang, Minggu (7/7/2024) pukul 14.35 WIB, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, gelar Apel Siaga di Jalan Veteran Batang, Kabupaten Batang, Senin (8/7/2024).

Dari peta gempa data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi pusat gempa berada di titik koordinat 6,87 derajat Lintang Selatan dan 109,75 derajat Bujur Timur.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, hari ini melakukan Apel Siaga untuk koordinasi tindakan pasca gempa bumi yang terjadi kemarin di Kabupaten Batang.

“Saya menetapkan Kabupaten Batang menjadi daerah tanggap darurat selama seminggu supaya penanganannya cepat teratasi. Untuk itu, kami upayakan fasilitas sekolah, umum dan pelayanan masyarakat yang rusak harus menjadi fokus utama penanganan saat ini,” jelasnya.

Pendataan sementara dampak kerusakan gempa bumi yakni ada 49 rumah rusak yang terbagi 32 rusak ringan, 12 rusak sedang dan 5 rusak berat.

“Saya instruksikan semua relawan untuk membersihkan serpihan-serpihan pasca gempa dan menangani kerusakan bersama-sama di tiga kecamatan terdampak, yakni Kecamatan Batang, Kecamatan Warungasem dan Kecamatan Wonotunggal,” tegasnya.

Korban dari gempa kemarin 8 orang luka ringan sudah diperbolehkan pulang dari RSUD Batang, tapi yang 1 orang masih rawat inap dan 1 orang patah tulang sudah dibawa ke sangkal putung karena memang tidak mau dibawa ke rumah sakit.

“Semoga ke depan tidak terjadi gempa susulan, tapi kita sudah melakukan antisipasi jika sewaktu-waktu ada,” ujar dia.

Nur Muktiadi