Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho pada bakti sosial donor darah bersama PMI menjelang Hari Bhayangkara 2024..(Foto:SB/Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bentrok ormas dan LSM Harimau Kebumen pecah Minggu (30/6). Puluhan anggota ormas merusak Kantor Sekretariat LSM Harimau di Jalan Kutarjo, Kelurahan Selang, Kebumen.

Bahkan aksi tersebut sempat memanas. Apalagi disertai kejar-kejaran kendaran bermotor oknum ormas dengan anggota LSM di beberapa sudut jalan. Warga sempat panik saat melihat aksi ormas dan LSM itu melalui jalan protokol, sembari membawa senjata tajam.

Pada malam hari petugas Polres Kebumen dibantu Brimob Kutoarjo pun segera bertindak melakukan penyisiran  dan menyita kendaran yang diduga terdapat senjata tajam. Namun situasi di daerah Kebumen saat ini telah kondusif dan kedua pihak mampu menahan diri.

Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho saat dihubungi Suarabaru.id Rabu (3/7) siang mengungkapkan, yang pasti Polres menangani secara profesional untuk kedua belah pihak.

Menurut Kapolres,  saat ini situasi sudah kondusif. Bahkan kedua belah pihak telah saling koordinasi untuk menjaga situasi Kamtimas. Masalah hukum, ranahnya polisi untuk menindaklanjuti.

“Mari sama-sama menjaga situasi yang sudah kondusif, masalah hukum biar polisi yang menindaklanjuti secara profesional,”tegas Kapolres dalam pesan singkatnya.

Sementara itu saksi mata mengungkapkan, pada Minggu siang puluhan pemuda yang berasal dari ormas mendatangi kantor LSM Harimau di sebelah timur rel kereta api (KA) Selang, Jalan Kutoarjo, Kebumen.

Kala itu dengan cepat anggota ormas merusak kantor tersebut. Warga hanya bisa diam melihat aksi karena berlangsung cepat dan puluhan orang itu segera meninggalkan lokasi.

Sumber lain menyebutkan, aksi dipuci perselisihan pimpinan LSM Harimau Kebumen dengan anggota ormas di sebuah tempat karaoke. Malam itu terjadi aksi lanjutan dan ketegangan sehingga polisi turun ke jalan merazia kendaraan yang ditengarai ada senjata tajam.

Apalagi pada Minggu malam itu anggota LSM Harimau dari luar daerah sempat datang di Kebumen. Namun petugas Polres Kebumen dipimpin Kabagops Kompol Setiyoko dibantu TNI turun ke lapangan berusaha mencegah anggota LSM Harimau dari luar kota agar segera meninggalkan Kebumen.

Kabagops Polres Kebumen meminta anggota LSM Harimau serta ormas mempercayakan kepada pihak kepolisian untuk mengambil langkah hukum secara profesional. Sejak itu situasi berangsur reda dan saat ini Kamtibmas di kota Kebumen telah kondusif dan tenang.

Komper Wardopo