Ilustrasi menangis. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Menangis merupakan respons alami manusia untuk meluapkan emosi, termasuk kesenangan, kebahagian, rasa kesal, amarah, kesedihan, kehilangan, rasa frustasi hingga kegembiraan. Menangis bukan hal yang aneh untuk dilakukan, dan baik pria maupun wanita dapat menangis lebih sering dari yang diperkirakan orang. Menangis bukan pertanda mental kita lemah.

Menangis adalah respons fisik akibat dari refleks ataupun dari gejolak emosi yang dirasakan oleh seseorang. Menangis tidak hanya untuk mengekspresikan perasaan sedih saja, namun juga bisa dilakukan untuk mengekspresikan

Saat menangis, sistem saraf parasimpatis akan aktif. Saraf ini berperan untuk mengembalikan kondisi tubuh agar dapat berfungsi dengan baik setelah mengalami stres. Ketika saraf parasimpatis aktif, Anda akan merasa lega, tenang, dan lebih mudah tertidur.

Menangis jadi hal yang wajar dan manusiawi. Namun, entah kenapa banyak orang yang merasa malu ketika menangis. Kalau kamu sedih dan ingin menangis, tidak apa-apa, kok. Menangis itu satu dari beberapa cara untuk meluapkan emosi. Di mana hal itu akan membuat kamu merasa lebih baik dan tenang.

Dilansir dari Suara.com namun, penasaran nggak sih mengenai beberapa alasan seseorang menangis?

1. Kehilangan

Alasan yang paling banyak dialami adalah karena kehilangan. Kehilangan apa pun itu bukanlah hal yang mudah. Ketika kita telah memiliki sesuatu, kemudian kita kehilangannya, tentu memerlukan waktu untuk menyiapkan diri dan menerima perasaan yang terjadi. Intinya, tidak mudah melepaskan sesuatu yang sudah kita akui menjadi milik kita.

Apakah kamu pernah menangis karena kehilangan sesuatu? Mungkin kamu juga masih sering menangis sampai sekarang kalau mengingatnya, ya. Namun bagaimanapun itu, kita tetap harus berusaha untuk menerima kenyataan dan memahami keadaan sehingga bisa menjalani kehidupan dengan jauh lebih bijaksana.

2. Merasa gagal

Memperjuangkan sesuatu, kemudian tidak berhasil mendapatkannya adalah sebuah kejadian pahit yang tetap harus ditelan dan diterima. Bukan gagal sebenarnya, hanya perlu berusaha lebih keras lagi.

Namun, semanis apa pun motivasi, kegagalan akan tetap terdengar menyakitkan. Ketika mengalaminya sendiri, kalimat orang lain hanyalah sebuah kata yang masuk dan keluar di telinga. Entah apa maknanya.

Menangis karena merasa gagal adalah salah satu bentuk kekecewaan yang mendalam. Mudah sekali membayangkan perasaannya, tapi ketika berada di posisi tersebut, belum tentu bisa sekuat yang dituliskan.

Semua punya porsi sendiri-sendiri. Ketika kamu merasa gagal, kamu harus memacu dirimu menjadi lebih baik lagi ke depannya.

3. Merasa takut

Menangis karena takut, takut apa, nih? Apakah karena takut dengan sesuatu yang belum terjadi, sesuatu yang sudah dilakukan, atau sesuatu yang lain?

Yang bisa mengendalikan ketakutan adalah diri sendiri. Sejatinya kalau kita tidak melakukan hal yang salah, tidak perlu takut dengan apapun.

Namun demikian, kontrol diri adalah yang terpenting. Bagaimana kamu mengendalikan hatimu, begitulah ketakutan bisa kamu kendalikan.

4. Merasa bersalah

Merasa bersalah adalah suatu perasaan yang membuat kita merasa gelisah. Maka dari itu, berusahalah untuk menjaga sikap dengan bijaksana sehingga kita terhindar dari berbuat salah kepada orang lain.

Namun karena manusia adalah tempatnya salah, maka ketika kamu bersalah dengan orang lain, segera selesaikan. Mintalah maaf, buatlah pengakuan. Masalah yang segera diselesaikan jauh lebih baik dibandingkan jika terus dipendam sendirian.

Itu dia 4 hal yang sering kali membuat seseorang menangis. Apakah kamu juga pernah melakukannya?

Claudia