Penyerahan bantuan peningkatan akses air bersih kepada masyarakat di Dukuh Timbul, Desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, pada Rabu, 24 Juni 2024. Foto: Humas PLN UIK TJB

JEPARA (SUARABARU.ID) – PLN UIK Tanjung Jati B  menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan memberikan bantuan peningkatan akses air bersih kepada masyarakat di Dukuh Timbul, Desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, pada Rabu, 24 Juni 2024.

Bantuan ini merupakan tindak lanjut hasil kajian Rapid Environmental Assessment on Disaster yang mengidentifikasi permasalahan keterbatasan air di wilayah tersebut. PLN UIK Tanjung Jati B berkolaborasi dengan PAMSIMAS Desa Tubanan, menjalankan program nasional untuk meningkatkan akses air bersih. Program ini juga gmerupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

Penyerahan bantuan peningkatan akses air bersih kepada masyarakat di Dukuh Timbul, Desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, pada Rabu, 24 Juni 2024. Foto: Humas PLN UIK TJB

Sekira 50 Kepala Keluarga (KK) di Dukuh Timbul belum memiliki akses air bersih yang memadai. PLN UIK Tanjung Jati B memberikan bantuan berupa instalasi gratis meteran air dan jaringan pipa ke rumah-rumah tangga tersebut. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memastikan ketersediaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

“Kami menyadari bahwa air bersih merupakan kebutuhan dasar yang sangat penting bagi masyarakat. Melalui program ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat di sekitar wilayah operasional kami,” ujar General Manager PLN UIK Tanjung Jati B, Dony Ocniza.

Salah satu warga penerima bantuan peningkatan akses air bersih kepada masyarakat di Dukuh Timbul, Desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, pada Rabu, 24 Juni 2024. Foto: Humas PLN UIK TJB

Dalam cakupan yang lebih luas, PLN UIK Tanjung Jati B telah melaksanakan program Tubanan Agroforestry yaitu menggabungkan konsep pengelolaan hutan secara berkelanjutan dengan pertanian, sehingga masyarakat dapat memperoleh penghasilan tambahan sambil menjaga kelestarian lingkungan. Tubanan Agroforestry juga memiliki manfaat jangka panjang untuk meningkatkan resapan air dan perekonomian masyarakat. Masyarakat Dukuh Timbul diharapkan mendapat akses air bersih dengan hasil panen dari tanaman agro. Hal ini akan menciptakan siklus positif antara peningkatan ekonomi dan ketersediaan air bersih yang berkelanjutan.

PLN UIK Tanjung Jati B berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan akses air bersih yang merata bagi seluruh masyarakat. Upaya PLN UIK Tanjung Jati B dalam meningkatkan akses air bersih ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) poin 6, yaitu Air Bersih dan Sanitasi Layak.

Hadepe