Wakil Wali Kota Magelang KH M Mansyur bersama Kasdim 0705/Magelang Mayor Inf Joko Mugroho menanam jagung di lahan tidur milik Pemkot Magelang (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)


MAGELANG (SUARABARU.ID) –
Kodim 0705/Magelang melaksanakan ‘Program Ketahanan Pangan’ kerjasama dengan Pemkot Magelang, dalam bentuk penanaman jagung di lahan tidur di Jalan Magelang-Semarang (utara RSJS Prof Soerojo).

Lahan kosong seluas 3,5 hektar tersebut milik Pemkot Magelang yang belum dimanfaatkan.

Penanaman jagung secara simbolis dilakukan Wakil Wali Kota Magelang KH M Mansyur, Sekda Hamzah Kholifi, Kasdim 0705/Magelang Mayor Inf Joko Nugroho, sejumlah pejabat Forkompida dan instansi terkait.

Sebelum itu, kedua instansi melakukan penandatanganan perjanjian Kerjasama antara Pemkot Magelang dan Kodim 0705/Magelang.

Kasdim 0705/Magelang Mayor Inf. Joko Nugroho menjelaskan, Program Ketahanan Pangan ini merupakan wujud kepedulian TNI AD dalam membantu pemerintah mengatasi kesulitan rakyat dan menurunkan angka anak stunting di Indonesia.

‘’Dengan lahan kosong yang digunakan dengan luas total 3,5 hektar ini, kami harapkan Program Ketahanan Pangan bisa dilaksanakan secara kontinyu dan berkesinambungan,’’ katanya, Jumat (26/6).

Wakil Wali Kota KH M Mansyur dan Dandim 0705/Magelang Mayor Mayor Inf Joko Nugroho menunjukkan perjanjian kerjasama yang sudah ditandatangani. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

Menurutnya, menguatkan ketahanan pangan melalui peningkatan produksi jagung, diharapkan dapat mengurangi ketergantungan pada impor pangan serta meningkatkan kesejahteraan petani. Selain itu, keberhasilan dalam ketahanan pangan jagung juga akan berdampak positif pada stabilitas harga pangan nasional.

Wakil Wali Kota Magelang KH M Mansyur menerangkan, program pemanfaatan lahan tidur milik Pemkot Magelang untuk budidaya tanaman pangan dan hortikultura semusim ini, sejalan dengan program nasional sinergi antara Kementerian Pertanian dengan Panglima TNI dalam upaya pendampingan produksi pangan dan hortikultura.

‘’Saya berharap kegiatan di sektor pertanian dan pangan ini dapat berkontribusi mendorong perekonomian masyarakat, dan menginisiasi meningkatnya kemandirian pangan Kota Magelang,’’ ujar Pengasuh Ponpes Sirojul Huda, Wates, Kota Magelang.

Sebagai informasi, luas Kota Magelang adalah 18.54 km2, dengan luas lahan pertanian sawah yang tersedia kurang dari 142.83 hektar dan tegal 18,51 hektar. Luasan lahan pertanian tersebut terus mengalami penyusutan dengan trend konversi alih fungsi lahan sebesar 4-5 hektar/tahun.

‘’Untuk itulah saya memandang sangat pentingnya optimalisasi pemanfaatan lahan-lahan tidur, lahan pekarangan dan lahan sekitar permukiman untuk produksi tanaman pangan dan hortikultura,’’ terang Kyai Mansyur.

Kegiatan tersebut juga sejalan dengan program unggulan Magelang Cantik (Magelang Cinta Organik) dan pengembangan integrated urban farming (pertanian perkotaan secara terpadu), sehingga dapat memperkuat ketahanan pangan masyarakat.

Pada kegiatan itu juga dilaksanakan pemberian sembako bagi penerima bantuan RTLH di Kota Magelang. (prokompimkotamgl)