Pengurus HNSI Kota Tegal audensi ke DPRD dan Pemkot Tegal salurkan aspirasi, Jumat 28 Juni 2024. Foto: Sutrisno.

TEGAL (SUARABARU.ID – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal melalui audensi meminta pendampingan dari pimpinan DPRD Kota Tegal bersama Pj Wali Kota untuk menyalurkan aspirasi ke Komisi IV DPR RI di Senayan.

Permintaan pendampingan disampaikan oleh Ketua HNSI Kota Tegal, H Eko Susanto bersama sejumlah pengurus yang mewakili ribuan nelayan Kota Tegal diterima oleh Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro ST bersama Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri di ruang rapat Paripurna DPRD Kota Tegal, Jumat (28/6/2024).

Dalam audensi Ketua HNSI Kota Tegal, H Eko Susanto menyampaikan ada tujuh permintaan HNSI yang akan disampaikan kepada Komisi IV DPR RI. “Nelayan minta aturan terkait pemberian Wilayah Pengelolaan Ikan (WPP) berdampingan 711-712 dibatasi untuk kapal yang berukuran dibawah Gross Yon (GT) 200,” kata Eko.

Selanjutnya nelayan minta pemutihan denda kapal yang melakukan pelanggaran Daerah Penangkapan Ikan (DPI) atau Tracking VMS (Seperti Tax Amnesty). Meminta Revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 05 Tahun 2021 terkait sanksi denda pelanggaran Daerah Penangkapan Ikan (DPI) dari 1.000 persen menjadi 100 persen.

Selain itu juga HNSI minta penuruan indeks tarif Pajak Negara Bukan Penghasilan (PNBP) dengan nilai prosentase maksimal 3 persen, bukan 10 persen. HNSI meminta revisi variabel Harga Patokan Ikan (HPI) yang digunakan dalam perhitungan denda untuk disesuaikan Harga Acuan Ikan (HAI).

“Nelayan juga minta revisi variabel perhitungan denda yang dipakai adalah ikan dominan, bukan cumi, dan minta naikan dan stabilkan harga ikan,” ujar Eko.

Mendengar penjelasan dengan data dari HNSI Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri memahami persoalan yang telah dihadapi. “Prinsipnya saya memahami. Dan saya apresiasi aspirasi yang disampaikan melalui DPRD sudah tepat,” terang Dadang.

Dadang berharap HNSI seluruh Jateng membuat surat yang sama untuk diteruskan ke DPR RI dan pemerintah pusat. Hal itu agar ada kesamaan persepsi.

Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro akan berusaha memfasilitasi aspirasi dari HNSI Kota Tegal. “Kita akan komunikasikan terkait keluhan dari teman-teman dari HNSI Kota Tegal,” tutupnya.

Sutrisno