Young Leader POV GIHN 2024 UKSW. Foto: UKSW

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali menunjukkan komitmennya dalam membentuk pemimpin masa depan melalui “Young Leader POV” yang merupakan bagian dari Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GIHN) 2024, Kamis (27/6/2024).

Acara yang digelar di Balairung Universitas ini mempertemukan berbagai tokoh inspiratif untuk berbagi pengalaman dan wawasan kepada generasi muda.

Dalam acara ini, tiga sosok dengan latar belakang yang berbeda namun memiliki semangat yang sama, Diaspora dan Ilmuwan Neurosains di Institute for Leadership, Innovation, and Advancement Universiti Brunei Darussalam dr. Rizki Edmi Edison, Ph.D, Influencer dan Content Creator Andovi Da Lopez, dan Vice President Strategic Business Development Group PT Inti Persero Feris Ardianto, S.Mn., RFP., CIBA., dihadirkan. Dimoderatori Timothy Marbun, ketiganya berbicara mengenai perjalanan mereka dan memberikan motivasi yang mendalam bagi para peserta.

Kegigihan dan fokus

dr. Edmi, diaspora dan ilmuwan neurosains di Institute for Leadership, Innovation, and Advancement Universiti Brunei Darussalam, memulai sesi dengan berbagi perjalanan hidupnya yang penuh liku. Dikenal juga sebagai Direktur Neuroscience Institute di Universitas Prima Indonesia, dr. Edmi menekankan pentingnya memahami dan mendalami suatu bidang dengan serius.

dr. Edmi, yang pernah mengalami masa-masa sulit dengan IPK rendah yaitu 1.8, kini menjadi inspirasi bagi banyak mahasiswa. dr. Edmi kemudian belajar dengan keras dan bertahap meningkatkan IPK-nya hingga akhirnya lulus sebagai sarjana kedokteran.

Kecintaannya pada studi tentang otak manusia membawanya ke Jepang, di mana ia berhasil menjadi dokter pada usia 25 tahun dan meraih gelar Ph.D., pada usia 29 tahun. dr. Edmi menekankan pentingnya fokus dan menjadi ahli di bidang tertentu serta mengingatkan bahwa Tuhan memiliki cara sendiri dalam menjawab doa dan usaha manusia. “Temukan apa yang bisa menjadi passion kalian dengan pergaulan luas dan wawasan yang mendalam,” pesannya.

Kreativitas dan keberanian berkarya

Andovi Da Lopez, content creator terkenal dan co-founder Hatching Academy, membawa perspektif yang berbeda namun sama inspiratifnya. Dengan latar belakang hukum dari Universitas Indonesia, Andovi telah membuktikan bahwa passion dan kreativitas bisa membuka jalan yang tidak terduga.

“Saya memulai karier dari video satir tentang Tips Masuk UI yang viral. Dari situ, saya menyadari pentingnya kreativitas dan keberanian untuk mengambil langkah pertama,” kata Andovi. Ia juga berbagi pengalaman tentang bagaimana latar belakang hukumnya membantunya dalam menciptakan konten yang berbobot dan kritis.