Deklarasi Tani Merdeka se Kecamatan Dawe, Kudus yang digelar di Desa Soco, Kecamatan Dawe, Sabtu, 22 Juni 2024 untuk mendukung Sudaryono sebagai Cagub Jateng 2024. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Organisasi Tani Merdeka Kabupaten Kudus mendeklarasikan dukungan kepada Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) Jateng pada Pilkada 2024.

Dukungan kepada Sudaryono secara resmi disampaikan dalam acara deklarasi dan konsolidasi masyarakat dan Tani Merdeka se Kecamatan Dawe, yang digelar di Posko Tani Merdeka Desa Soco, Sabtu (22/6).

Ketua DPC Tani Merdeka Kabupaten Kudus, Nur Qosim  mengatakan Tani Merdeka telah terbukti memiliki peran penting dalam pemenangan pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres lalu. Oleh karena itu, jaringan relawan yang ada saat ini akan berlanjut untuk mendukung Sudaryono menjadi Cagub Jateng 2024.

Menurutnya, jejaring Tani Merdeka Kabupaten Kudus saat ini sudah mengakar rumput hingga ke tingkat desa-desa. Mereka nanti siap mengorganisasi para petani di desa-desa guna pemenangan Sudaryono di Pilkada Jateng 2024.

“Hampir semua desa di Kabupaten Kudus sudah terbentuk jejaring Tani Merdeka. Dengan jejaring yang ada saat ini, maka kami memantapkan untuk mendukung Mas Sudaryono sebagai cagub Jateng,” katanya.

Dukungan untuk Sudaryono bukan tanpa alasan. Sudaryono merupakan Dewan Pembina DPP Tani Merdeka. Dengan memberikan dukungan tersebut besar harapan bagi petani, program kerja yang akan dilaksanakan Prabowo-Gibran sejalan hingga ke tataran bawah.

Tani Merdeka bisa menjadi Satgas Pangan yang menampung aspirasi petani dan menyelesaikan segala persoalan pertanian. Seperti kartu tani dihilangkan, distribusi pupuk langsung ke petani dengan hanya menunjukkan kartu Tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

“Jadi kami mendukung Mas Sudaryono maju cagub Jateng. Kami ingin masalah pertanian bisa diselesaikan,” kata dia.

Menurutnya, Jateng perlu sosok yang visioner dan mampu membawa wilayah itu menjadi lebih baik. Sudaryono dinilai mumpuni untuk memimpin Jawa Tengah ke depan.

Selain memiliki pengalaman politik di tingkat nasional, Sudaryono atau biasa disapa Mas Dar juga merupakan pengusaha yang kini berposisi sebagai CEO Garuda TV. Termasuk, memiliki pengalaman organisasi sebagai Ketua Umum DPP Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) dan juga Ketua Dewan Penasehat Pedagang Pejuang Indonesia Raya (PAPERA).

Dikatakannya, Sudaryono lahir dari keluarga petani di Grobogan. Lulusan SMA Taruna Nusantara itu juga pernah mendapatkan beasiswa di Akademi Pertahanan Nasional, Jepang. Di sana, ia memperoleh disiplin militer, pengetahuan dan pengalaman tentang budaya Jepang, kualitas kepemimpinan, dan memperluas pandangan dunia secara global.

Ali Bustomi