Parade kurban LAZiS Jateng. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Amil Zakat Al-Ihsan (LAZiS) Jateng dalam Hari Raya Iduladha 1445 H menggelar parade kurban serentak di 17 titik di Jateng.

Pemotongan hewan kurban dilakukan sejak Senin hingga Kamis (17-20 Juni 2024) dan didistribusikan hingga di Palestina.

Lokasi pusat pelaksanaan pemotongan kurban dilaksanakan di LKSA Al-Ihsan, Gunungpati, Semarang yang disaksikan Direktur Eksekutif LAZiS Jateng, Ariyanto.

“Alhamdulillah, di hari tasyrik pertama kami diberikan kesempatan untuk menggelar serangkaian prosesi parade kurban, mulai dari penyembelihan dan pendistribusian secara serentak di Jawa Tengah,” ujar Ariyanto, Jumat (21/6/2024).

Ia menuturkan, penyembelihan dilakukan di 17 titik lokasi di kota/kabupaten di Jawa Tengah. Pada Iduladha tahun ini ada sebanyak 200 titik lokasi pendistribusian daging kurban yang tersebar di Jawa Tengah serta Palestina.

“Ada 558 pekurban yang Alhamdulillah menitipkan hewan kurbannya di LAZiS Jateng. InsyaAllah hewan yang dititipkan kami distribusikan ke daerah pelosok dan minus kurban di Jawa Tengah. Selain itu kami juga menghadiahkan daging kurban untuk saudara kita yang sedang Allah uji di Palestina,” terang Ari.

Ari berharap, amanah dari donatur dengan total pekurban sapi sebanyak 154 ekor, 390 ekor kambing serta 14 ekor domba di Palestina tersebut dapat memberikan manfaat luas terutama kepada masyarakat yang membutuhkan di Jawa Tengah, serta sebagai bentuk dukungan untuk saudara di Palestina.

“Dengan adanya sinergi parade kurban yang mengangkat tema “Wes Wayahe Kurban” ini dapat memberikan kebahagiaan dan manfaat yang luas bagi umat, khususnya bagi masyarakat di daerah pelosok dan minus kurban di seluruh wilayah yang sudah didistribusikan, ” jelasnya.

Iyem, salah seorang penerima manfaat di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang mengucapkan rasa syukur, mendapat daging kurban dari para donatur dan LAZiS Jateng. “Iduladha tahun ini saya bisa masak daging. Semoga berkah selalu.” ujarnya.

Ning S