Sekda Provinsi Jawa Tengah Sumarno pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 dan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 tingkat Provinsi Jawa Tengah pada Sabtu (21/6/2024). Foto: Hadepe

JEPARA (SUARABARU.ID) -Program keluarga berencana (KB) di Indonesia dinilai berhasil. Keberhasilan itu, bukan semata hasil kerja pemerintah. Namun hal itu dukungan semua pihak, termasuk  keluarga.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sumarno pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 dan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 tingkat Provinsi Jawa Tengah pada Sabtu (21/6/2024). Kegiatan yang dipusatkan di lapangan objek wisata Pantai Kartini Jepara itu juga dihadiri Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Jepara.

Sekda Provinsi Jawa Tengah Sumarno dan Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 dan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 tingkat Provinsi Jawa Tengah pada Sabtu (21/6/2024). Foto: Hadepe

Hadir pula bupati/walikota atau yang mewakili dari eks-Karesidenan Semarang, Pati, dan Surakarta. Juga Ketua Pokja 1 Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jawa Tengah Siti Zubaidah Haerudin dan Ketua TP PKK Kabupaten Jepara Eka Edy Supriyanta.

Sumarno mengatakan, keberhasilan itu juga terjadi di Jawa Tengah. Bahkan angkanya di bawah rata-rata.

“Di Jawa Tengah, setiap perempuan melahirkan hampir 2,0 anak, meski pembulatannya masih 2,1 anak,” kata Sumarno.

Sedangkan pada penanganan stunting, dia menyebut 1 dari 5 balita mengalaminya. “Maka terima kasih, Jepara sudah lebih baik dari rata-rata Jawa Tengah,” katanya.

Kepala Disdikpora Jepara Ali Hidayat turut menari jaran kepang dalam Harganas dan Hari Anak Tingkat Jateng di Pantai Kartini Sabtu 22 Juni 2024. Foto: Hadepe

Sebelumnya, Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta mengatakan, per April 2024, di Jepara masih tersisa 5,99 persen balita yang mengalami stunting. Jumlah berdasar hitungan yang dia sebut “mandiri” itu, menurun dibanding dua bulan sebelumnya yang masih tercatat 4.080 balita atau 6.04 persen.

Dia juga menyebut, Jepara sangat kondusif menuju Pilkada Jepara 2024.

 

Dalam kegiatan itu, Sekda Jateng Sumarno menyerahkan hadiah kepada para pemenang berbagai lomba Bangga Kencana tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dia juga menyerahkan simbolis, bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk Kabupaten Jepara.

Sementara itu, kehadiran rombongan pejabat di stand pameran disambut Tari Jaranan dari depan panggung utama oleh anak-anak SDN 1 Batealit. Saat rombongan duduk di kursi, disambut Tari Kencana.

Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara Ali Hidayat yang sejak awal tari jaranan bergabung langsung dengan para penari mengatakan, sebelum Tari Jaranan, telah tampil tari Nusantara oleh anak-anak TK Akhlakul Karimah, Karimunjawa.

“Tari Jaranan tadi dipentaskan oleh anak-anak SDN 1 Batealit dan Tari Kencana oleh anak-anak TK Pertiwi 08 Panggang ,” kata Ali Hidayat.

Hadepe