BANGUNAN KUNO - Pangkoarmada II Surabaya, Laksamana Muda TNI Ariantyo mengamati foto dan bangunan kuno DPRD Kota Tegal, Rabu 19 Juni 2024. Foto: Sutrisno

TEGAL (SUARABARU.ID) – Menyelusuri sejarah Angkatan Laut, Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada) Surabaya, Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo M.Tr Opsla bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Tegal, Rabu (19/6/2024).

Pangkoarmada II Surabaya, Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo beserta rombongan diterima oleh Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro ST didampingi Sekretaris DPRD Kota Tegal, Hervyanto Gunarso Wisnu Purbo SIP MSi. Ikut hadir mewakili Fraksi Gerindra H Sisdiono SPd, Fraksi PDIP Sutari SH MH, Fraksi Golkar Sugiono SE di ruang Rapat Paripurna.

Laksamana Muda TNI Ariantyo dalam sambutannya menyampaikan, Pangkoarmada II Surabaya memiliki wilayah kerja dari Kupang sampai ke Brebes.

Dijelaskan, Pangkoarmada II Surabaya saat ini memiliki instansi baru yakni Dinas Kesejarahan Angkatan Laut yang bertugas menyelusuri sejarah Angkatan Laut. Karena Tegal menjadi salah satu sejarah berdirinya Sekolah Angkatan Laut (SAL), maka menjadi agenda kunjungannya.

Jenderal bintang dua, yang mengaku baru pertama kali ke Tegal menyebutkan, tugas dari pimpinan Kasal, Dinas Kesejarahan AL untuk menyelusuri sedetail mungkin dan seutuhnya sejarah Angkat Laut. “Menurut ceriteranya ada catatan tapi masih ada yang sepotong-potong, sepenggal-penggal,” kata Laksamana Muda TNI Ariantyo.

Laksamana Muda TNI Ariantyo menjelaskan, Sekolah Angkatan Laut Tegal telah melahirkan tokoh Angkatan Laut seperti Soedomo, Ali Sadikin. “Beliau-beliau merupakan lulusan SAL Tegal. Karena itu sejarah Angkatan Laut tidak lepas dari Tegal,” terangnya.

Melihat bangunan bersejarah di Kota Tegal, Pangkoarmada II Surabaya Laksamana Muda TNI Ariantyo menyarankan agar bangunan kuno bersejarah memiliki Perda.

Oleh Ketua DPRD dan Sekwan bersama mewakili Fraksi, Laksamana Muda TNI Ariantyo menerima buku catatan sejarah  termasuk Angkatan Laut yang ditulis oleh H Sisdiono.

Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro menyampaikan bahwa Kota Tegal merupakan kota Bahari tidak lepas dari sejarah Angkatan Laut. Beberapa jabatan Wali Kota juga dari Angkatan Laut. “Semoga silaturahmi TNI AL dengan Pemerintah Kota Tegal, DPRD dan masyarakat Kota Tegal masih terus terjalin erat,” kata Kusnendro.

Laksamana Muda TNI Ariantyo berkesempatan meninjau bangunan gedung DPRD Kota Tegal yang merupakan bangun cagar budaya, dan melihat dari dekat monumen Yos Sudarso.

Sebelumnya Laksamana Muda TNI Ariantyo bersama rombongan dari Surabaya meninjau Tugu Monumen Angkatan Laut, melakukan ziarah, tabur bunga di Desa Kalibakung Kabupaten Tegal.

Selanjutnya rombongan turun ke Kota Tegal meninjau bekas Sekolah Angkatan Laut pertama yang saat ini menjadi SD Pius Jalan Kapten Ismail Kota Tegal dengan penyerahan plakat. Dilanjutkan ke Gedung DPRD Kota Tegal. Diteruskan tatap muka di Pangkalan Angkatan Laut Jalan Proklamasi Kota Tegal diterima Danlanal Tegal,

Letkol laut (P) Adi Surono ST, MT, M.Tr.Hanla, CTMP bersama jajaran. Beberapa jam kemudian kembali bertolak ke Surabaya.

Sutrisno