Kodim 0728 Wonogiri, Kamis (20/6/24), menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama komponen masyarakat. Acara ini dilaksanakan di aula Makodim Wonogiri.(Dok,Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – ”Bersama Merawat Ke-Bhineka-an Mencegah Intoleran,” dijadikan tema dalam kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) yang dilaksanakan Kodim 0728 Wonogiri. Komsos bersama komponen masyarakat ini, Kamis (20/6/24), dilaksanakan di aula Makodim Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelad Indra, mengabarkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk membina hubungan yang harmonis dengan komponen masyarakat.

Dandim 0728/Wonogiri dalam sambutan yang disampaikan Kasdim Kapten (Cpl) Rifaldi, menyatakan, acara ini bertujuan sebagai forum silaturahmi pemersatu antarkomponen masyarakat. Yakni untuk menyatukan visi dan misi, guna bersama-sama membangun bangsa dan negara, khususnya di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Dijelaskan, sikap intoleransi merupakan bentuk pengingkaran terhadap ke-Bineka-an dan bertentangan dengan norma agama. Berkaitan itu, secara bersama-sama diajak untuk berperan aktif dalam mencegah berkembangnya intoleransi.

Caranya, dengan menanamkan jiwa nasionalisme, berpikir terbuka dan toleransi, waspada terhadap provokasi dan hasutan. Selain itu, juga diperlukan cara yang efektif untuk meredam berita-berita hoax di media, ujaran kebencian (hate speech) dan adu domba.

Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan nilai lebih, dan memberikan pencerahan secara literatif, komunikatif, serta implementasi, dalam mencegah kemunculan intoleran.

Tiga Komandan Koramil (Danramil) tampil memberikan materi. Terdiri atas Danramil 07/Batuwarno Kapten (Inf) Toto Mardoyo, Danramil-23/Karangtengah Letda (Cba) Bambang serta Danramil-24/Puhpelem Letda (Inf) Agung.
Bambang Pur