Warga Grobogan mendonorkan darah dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia di PMI Grobogan, Rabu 19 Juni 2024). Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– PMI Grobogan menggelar kegiatan donor darah massal dalam memperingati Hari Donor Darah Sedunia di Kantor Unit Donor Darah (UDD) PMI Grobogan, Rabu 19 Juni 2024.

Kepala Unit UDD PMI Grobogan, Siti Rahmah Miratin mengatakan, Hari Donor Darah Sedunia diperingati pada 14 Juni. “Namun, PMI Grobogan mengadakan pada Selasa 19 Juni karena pada tanggal tersebut karena stok darah agak lebih.. Kemudian, menjelang Idul Adha banyak yang puasa Arafah, sehingga itu pertimbangannya kita laksanakan setelah Idul Adha,” kata Siti Rahmah.

Menurut dr Siti, pasca-Idul Adha masyarakat kerap mengonsumsi daging. Dengan adanya donor darah ini, bisa menjadikan upaya pencegahan penyakit. “Kita laksanakan setelah Idul Adha karena pertimbangannya sering makan daging, karena itu pasti akan berpengaruh pada kesehatan. Dengan adanya donor darah ini bisa sebagai pencegahan daripada penyakit,” jelas Siti.

400 Kantong

Menurut Siti Rahmah, target dalam donor darah tahun ini ada 400 kantong dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya 300 kantong. “Tahun kemarin kita target 300 kantong. Tahun ini kita target 400. Pada intinya, kita jangan sampai kehabisan stok,” ujar dr Siti. Pelaksanaan donor darah ini dilakukan mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

Masyarakat yang datang umumnya mendapatkan pengumuman lewat media sosial. “Donor darah sesuai dengan aturan dilakukan mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Kalau butuh darah dibuka 24 jam,” ujar dr Siti.

Dia berharap, para pendonor dengan ketulusan hati untuk menyumbangkan darahnya kepada sesama melalui kegiatan donor ini. “Bukan karena paksaan. Ada keuntungan dari donor darah ini, stok darah di UDD PMI tercukupi dan pendonornya juga sehat serta pasien yang membutuhkan darah juga terselamatkan dan masyarakat Kabupaten Grobogan semakin sehat,” tambah Siti.

Antusiasme para pendonor terlihat dalam kegiatan donor darah dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia. Fajar, salah satu pendonor, mengatakan dirinya mendapatkan informasi ada donor darah di PMI Grobogan dari media sosial. “Kebetulan 3 bulan lalu donor darah juga di sini. Hari ini saya donor darah lagi. Alhamdulilah, berbagi darah untuk sesama dan saya pun Insya Allah semakin sehat,” ungkap Fajar.

Tya Wiedya