Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudoyono (SBY), memberikan sambutan pada acara silaturahmi Diaspora Paguyuban Warga Pacitan (PWP) di Malang, Jatim.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudoyono (SBY), minta agar Diaspora secara bersama ikut membangun Pacitan. Banyak putra-putri Pacitan yang berkarier dan sukses di mana-mana. ”Ini menjadi potensi yang luar biasa untuk membangun Pacitan,” tegasnya.

Penegasan SBY tersebut, menurut Prokopim Pemkab Pacitan, disampaikan Jumat (14/6/24), saat hadir dalam acara silaturahmi bersama Paguyuban Warga Pacitan (PWP) se Malang Raya. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, juga hadir dalam acara yang dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional tersebut.

Diaspora adalah istilah yang masih asing bagi sebagian masyarakat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Diaspora diartikan sebagai massa tercerai-berainya suatu bangsa yang tersebar di berbagai penjuru dunia, dan bangsa tersebut tidak memiliki negara.

Secara sederhana, Diaspora adalah orang yang melakukan migrasi ke negara lain dengan tujuan tertentu. Istilah Diaspora, digunakan untuk merujuk kepada bangsa atau penduduk etnis manapun yang terpaksa atau terdorong untuk meninggalkan Tanah Air etnis tradisional mereka.

Tapi Diaspora yang dimaksudkan di sini, lebih bermakna pada penyebutan warga aseli Kabupaten Pacitan, Jatim, yang berhasil dan sukses membina kariernya setelah meninggalkan Pacitan, untuk merantau ke sejumlah daerah di Tanah Air.

SBY mengapresiasi acara silaturahmi yang digelar oleh PWP di Malang, Jatim, karena momentum itu menjadi sarana bernostalgia. Bagi pribadi SBY, Kota Malang, sangat lekat dengan dirinya, karena 2 tahun pernah tinggal di kota tersebut, untuk melanjutkan pendidikan kariernya di AKABRI.

Menurut SBY, tidak hanya dirinya, tapi banyak sekali putra-putri Pacitan yang berkarier dan sukses di mana-mana. Diaspora ini, tandasnya, menjadi potensi yang luar biasa untuk membangun Pacitan.

Putra Aseli pacitan SBY, yang pernah menjabat Presiden RI dua periode tersebut, menjelaskan, melalui diaspora bisa menarik orang dari mana-mana untuk datang ke Pacitan berwisata. Kabupaten Pacitan, memiliki bentang alam yang indah sebagai destinasi wisata. Termasuk, keberadaan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI.

Untuk Negeri

“Saya mendoakan dan juga ikut berikhtiar, agar apapun profesinya dan dimanapun tinggal serta bekerja, tetap memberikan sumbangan untuk negeri ini,” pesan SBY.

Harapan senada, juga disampaikan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Menurutnya, Pacitan sangat membutuhkan dukungan warganya yang tersebar di mana-mana. Diaspora Pacitan, bisa menjadi agen promosi bagi Pacitan yang merupakan kabupaten berjuluk Paradise of Java.

“Harapan saya, semua warga Pacitan dimanapun berada sukses dan bersama-sama kita membangun Pacitan tercinta,” tandas Bupati Indrata Nur Bayuaji.

Kedatangan SBY di Malang, selain memenuhi undangan silaturahmi PWP, adalah untuk melihat pertandingan bola voli Lavani dalam lanjutan turnamen Proliga seri Malang.

Sejumlah tokoh nasional juga hadir dalam acara tersebut, diantaranya Wakil Ketua MPR-RI Syarif Hasan, Anggota DPR-RI Sartono Hutomo, Ketua PWP Pusat Sudibyo Alimoeso, Andi Mallarangeng, Letjen TNI (Purn) Ediwan Prabowo, serta sejumlah mantan pejabat Pacitan yang tinggal di Malang.
Bambang Pur